Bahaya Nyeri Haid Bisa Berujung Endometriosis

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 24 Februari 2020 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 481 2173376 bahaya-nyeri-haid-bisa-berujung-endometriosis-8HJLuXTdKh.jpg Ilustrasi. (Bustle)

JIKA Ladies mengalami nyeri haid, sebaiknya jangan diabaikan. Ada beberapa kondisi berbahaya, seperti endometriosis.

Proses terjadinya secara sederhana dapat dijelaskan, darah haid yang harusnya keluar melalui Miss V, malah masuk ke dinding rahim dan menyebabkan masalah. Kalau sampai masuk ke rahim malah bisa menyebabkan tumbuhnya tumor. Hal itu menjadi salah satu pemicu nyeri haid

nyeri haid

Diterangkan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Fertilitas, Endokrin, dan Reproduksi RS Pondok Indah-Pondok Indah Dr dr Kanadi Sumapradja, SpOG-KFER, di beberapa kasus, darah menstruasi ini bisa naik sampai ke rongga perut. Tentunya ini menjadi masalah serius yang harus segera diatasi. Terlebih saat nyeri haid itu muncul. 

"Nyeri menstruasi dalam istilah medis sering disebut dengan endometriosis," kata Dokter Kanadi ditemui Okezone, beberapa waktu lalu.

Penyakit ini merupakan kelainan yang kerap dialami perempuan. Sayangnya, banyak perempuan tak memahami dan cenderung mengabaikan.

Dokter Kanadi menegaskan, ketika mengalami nyeri haid, ada baiknya jangan mengabaikan. Ada dampak buruk yang terjadi pada diri Anda.

"Nyeri menstruasi itu tidak boleh disepelekan, karena kalau dibiarkan akan menjadi sumber masalah lanjutan yang lebih serius," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini