Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Ternyata Enggak Bikin Badan Kamu Langsing

Mas Haidar, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 24 481 2173384 jalan-kaki-10-ribu-langkah-bisa-bikin-langsing-ini-buktinya-OEw3pZoMkT.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

JALAN kaki 10 ribu langkah per hari menjadi tren gaya hidup sehat yang banyak diikuti orang. Jika tadinya jalan kaki 10 ribu langkah diklaim bikin badan langsing, ternyata fakta terbarunya tak berpengaruh terhadap berat badan.

Jalan kaki 10 ribu langkah sangat mudah diterapkan, karena tak butuh banyak kocek, juga banyak peralatan. Anda pun bisa melakukan di sela aktivitas sehari-hari.

jalan kaki

Dilansir Okezone dari Independent, menurut studi terbaru, jalan kaki 10 ribu langkah per hari ternyata tak berpengaruh terhadap berat badan seseorang loh. Untuk membuktikan apakah 10 ribu langkah per hari benar-benar membuat perbedaan dalam hal berat badan, para peneliti dari Departemen Ilmu Pengetahuan Universitas Brigham Young, bekerja sama dengan rekan-rekan dari Departemen Ilmu Gizi, Diet dan Makanan, melakukan penelitian pada mahasiswa baru.

Para peneliti menganalisis 120 mahasiswa perempuan selama enam bulan kuliah, mereka dibagi 3 kelompok dan diwajibkan untuk berjalan 10 ribu, 12 ribu dan 15 ribu langkah sehari, 6 hari seminggu selama 24 minggu lamanya.

Selain meneliti tentang banyaknya langkah dalam sehari, para peneliti juga mengawasi asupan kalori dan berat badan mahasiswa tersebut.

Setelah melalui rangkaian penelitian yang panjang, jumlah langkah tidak memengaruhi berat badan mahasiswa tersebut, bahkan di antara mereka yang berjalan 15 ribu langkah sehari. Sebaliknya, pada akhir penelitian mahasiswa tersebut malah mengalami kenaikan berat rata-rata sebanyak 1,5 kg.

"Kenaikan berat badan kelompok ini (para mahasiswa) sangat mengejutkan, karena aktivitas fisik meningkatkan pengeluaran energi dan mengubah keseimbangan energi," tulis para peneliti yang diterbitkan dalam Journal of Obesity.

Dari temuan tersebut, penulis utama Bruce Bailey, profesor ilmu olahraga di Universitas Brigham Young, menyimpulkan, jika Anda menghitung banyaknya langkah setiap hari, itu mungkin bermanfaat dalam meningkatkan aktivitas fisik.

jalan kakii

"Tetapi penelitian kami menunjukkan bahwa itu (banyaknya langkah perhari) tidak akan mempertahankan berat badan atau mencegah penambahan berat badan," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini