nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Asmara, 5 Cara agar Tak Saling Menyalahkan dengan Pasangan

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 22:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 25 196 2174108 tips-asmara-5-cara-agar-tak-saling-menyalahkan-dengan-pasangan-LvuTuo71U9.jpg Ilustrasi (Foto : Lovepanky)

Bertengkar atau berselisih pendapat dengan pasangan adalah hal yang wajar dalam kehidupan asmara. Namun momen ini menjadi tak wajar, jika setiap kali waktu diskusi berubah menjadi momen saling menyalahkan satu sama lain.

Tidak bertanggungjawab dan melempar kesalahan langsung kepada pasangan memang hal yang gampang. Tapi hal itu merupakan tindakan yang keliru bukan? Lalu bagaimana cara menghindari kebiasaan saling menyalahkan dalam suatu hubungan asmara?

Yuk baca ulasan singkat lima cara menghindari saling menyalahkan pasangan yang dikutip dari Boldsky

1. Jangan abaikan masalahnya

Untuk menyelesaikan masalah, maka Anda dan pasangan harus mengenali apa masalahnya itu sendiri. Contohnya saat pasangan terluka karena perilaku Anda, tapi Anda sendiri malah tidak sadar. Di situasi seperti ini akan lebih baik jika Anda dan pasangan berbicara tentang masalah dan mencoba mencari solusinya.

Pasangan Bertengkar

2. Hindari merencanakan sesuatu terhadap pasangan

Ketika pasangan berbuat salah, Anda tidak semerta-merta harus setiap kali menunjukkan jari kepada pasangan menunjukkan di sini bahwa Anda yang benar dan dia yang salah. Alih-alih menunjuk-nunjuk pasangan, lebih baik bicarakan pada pasangan apa yang membuat Anda marah. Hindari melihat pasangan sebagai orang yang bermasalah, ceroboh dan menyebalkan.

3. Tekan ego

Jika salah, akuilah bahwa Anda yang salah. Jangan biarkan ego dan gengsi tinggi menguasai diri. Belajar menerima kesalahan diri sendiri, dan belajarlah dari pengalaman tersebut. Hal ini akan membantu mengurangi adanya penghakiman antara Anda dan pasangan.

4. Stop punya ekspektasi yang tidak realistis

Yang kerap menyakiti perasaan kita adalah ekspektasi diri sendiri. Semakin cepat Anda menerima bahwa Anda dan pasangan adalah dua individu yang berbeda namun saling mencintai satu sama lain, maka keadaan akan jadi lebih baik. Terimalah pasangan dengan apa adanya, dengan karakternya sendiri. Anda kan bisa membantu dan mendukung pasangan untuk menjadi versi terbaik dari dirinya sendiri.

Pasangan Bertengkar

5. Jangan emosional

Walaupun sedang marah dengan amarah yang memuncak, sebisa mungkin hindari mengatakan kata-kata yang bisa Anda sesali di kemudian hari. Apalagi sampai mengancam pasangan secara emosional jika ia tidak melakukan apa yang kita inginkn, padahal diri sendiri tahu bahwa pasangan Anda rentan secara emosi. Maafkan pasangan jika pasangan melakukan kesalahan, sebab menyimpan dendam hanya membuang-buang waktu dan juga merusak hubungan. Demikian seperti dilansir Boldsky, Selasa (25/2/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini