4 Cara Jaga Stamina di Musim Hujan, Enggak Sulit Kok

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 25 481 2173820 4-cara-jaga-stamina-di-musim-hujan-enggak-sulit-kok-pl2KcsHsSr.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MUSIM hujan masih terus mengguyur berbagai daerah. Ayo, jaga stamina biar tetap sehat, sehingga selalu bisa beraktivitas.

Saat ini, berbagai wilayah di Indonesia masih mengalami musim hujan bahkan cenderung terkena cuaca ekstrem. Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini potensi terjadinya hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

Hujan yang terus-menerus turun serta mengguyur dari pagi hingga malam hari, membuat seakan tubuh dipaksa untuk beradaptasi. Hujan deras memang umum terjadi saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan. Jika sulit beradaptasi dengan pergantian musim ini maka kesehatan tubuh bisa terganggu.

Penyakit langganan saat musim hujan seperti demam dan flu tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah, bila Anda paham tips jaga stamina saat musim hujan, maka bisa terhindar dari gangguan kesehatan. Okezone merangkum empat tips jaga stamina saat musim hujan, yang dilansir dari Prevention.

Jaga tubuh tetap hangat

minum

Saat tubuh basah terkena air hujan sangat mudah kena virus flu. Kaki yang basah dan kedinginan rentan terkena penyakit. Selain itu, kondisi hidung yang dingin jadi tempat berkembang biaknya virus. Sebaiknya, di musim hujan seperti saat ini, Anda memakai jaket atau sweater yang menjaga suhu tubuh tetap hangat. Selain itu, konsumsi makanan atau minuman hangat agar tubuh tidak kedinginan.

Mandi air hangat

Saat terkena hujan, suhu tubuh akan ikut menurun dan rentan kena penyakit. Maka, jika Anda basah kuyup terkena hujan, dianjurkan untuk segera mandi dengan air hangat karena dapat meningkatkan suhu tubuh seperti semula.

Manfaat lain, mandi air hangat bisa membantu membasmi kuman dan melindungi tubuh dari infeksi. Jika tidak kuat mandi, disarankan untuk merendam kaki ke dalam air hangat, dapat membantu menaikkan kembali suhu tubuh.

Jaga kebersihan

Ketika musim hujan tiba, kelembapan pun cukup tinggi, membuat kuman dan bakteri berkembang biak dengan mudah.

Cuaca dingin umumnya membuat kita jadi malas membersihkan diri. Padahal ini bisa memudahkan kuman penyakit menyerang tubuh. Cara paling sederhana yaitu rajin mencucitangan. Kita sangat sering menggunakan tangan untuk berbagai aktivitas, secara tidak sadar anggota tubuh ini jadi paling rentan terpapar kuman dan bakteri.

Dianjurkan, Anda mencuci tangan sebelum makan. Jangan memegang area wajah: hidung, mulut, saat tangan Anda kotor. Cuci tangan sesudah dari toilet. Disarankan mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir. Namun, bila tidak ada, bisa mencuci tangan dengan cairan disinfektan.

Istirahat cukup

Saat hujan, cuaca dingin kerap kali membuat kita jadi malas bergerak. Kantuk pun sering menyerang ketika hujan turun. Namun sebaiknya Anda jangan biarkan rasa malas berlebihan ini menyerang. Tidur dengan porsi berlebihan tidak baik dampaknya bagi kesehatan.

Tidur berlebihan dapat membuat kondisi tubuh menurun dengan gejala: lemas dan otot kaku. Maka sebaiknya miliki waktu tidur malam yang cukup agar sistem kekebalan tubuh dapat diperbaiki. Inilah tips jaga stamina di saat hujan. Ayo, praktikkan!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini