nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stres Kena Banjir Tubuh Jadi Gampang Sakit, Yuk Dicegah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 25 481 2173898 stres-kena-banjir-tubuh-jadi-gampang-sakit-yuk-dicegah-jGbkvOskwo.jpg Ilustrasi. (Healthline)

SAAT rumah tergenang banjir tentu membuat seseorang stres. Namun bagaimanapun Anda harus menjaga stamina tubuh agar tidak mudah sakit.

Karena di saat banjir lingkungan di sekitar rumah jadi kotor, ditambah cuaca dingin. Dalam kondisi stres, Anda rentan jatuh sakit.

Dilansir Okezone dari Prevention, berikut tiga cara mudah menjaga stamina tubuh agar tak jatuh sakit saat banjir. Yuk, simak artikelnya, Okezoners!

Banyak minum

minum air

Di musim hujan seperti saat ini, kita cenderung jarang minum karena suhu dingin membuat jarang haus, dan malah sering buang air kecil ke toilet.

Padahal bila tubuh kekurangan cairan bisa mengalami dehidrasi. Pasalnya, gejala dehidrasi tidak selalu ditandai dengan rasa haus. Maka, disarankan untuk tetap meminum air putih minimal 1 liter per hari.

Cairan dalam tubuh juga berfungsi membantu proses pencernaan makanan, jika tidak terpenuhi proses ini akan jadi kendala. Pasokan cairan dalam tubuh juga membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Di saat cuaca dingin, maka dianjurkan mengonsumsi minuman hangat antara lain: teh, air jahe, air jeruk hangat dan lain-lain. Anda bisa mengonsumsi aneka minuman hangat ini selain tentu saja banyak minum air putih.

Konsumsi makanan bergizi

buah

Hujan terus menerus membuat suhu udara jadi lebih rendah, untuk menghangatkan tubuh, Anda memerlukan banyak kalori. Maka, dianjurkan Anda menjaga pola makan di musim hujan ini. Jangan asal sembarang makan, cobalah mengonsumsi makanan bergizi, berserat tinggi, dan yang lebih penting lagi pastikan kebersihan bahan makanan dan juga cara pembuatannya.

Jika belum cukup, Anda bisa konsumsi vitamin C karena dapat membantu stamina tubuh terjaga dan mempercepat pemulihan dari virus flu.

Jaga kebersihan lingkungan

lingkungan rumah

Musim hujan yang selalu diikuti dengan banjir akan membuat lingkungan sekitar Anda jadi kotor bahkan lembap. Bila Anda malas membersihkan bisa jadi sarang kuman. Ditambah lagi memancing berkembang biaknya nyamuk DBD. Ayo, jangan malas membersihkan lingkungan sekitar. Buang atau kubur kaleng-kaleng kosong agar tidak dipenuhi air hujan, sehingga bisa jadi sarang nyamuk.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini