nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WN Jepang Terinfeksi Mutasi COVID-19, Kemenkes Beberkan Alasannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 17:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 25 481 2173950 wn-jepang-terinfeksi-mutasi-covid-19-kemenkes-beberkan-alasannya-9UlkXeiCES.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

SEORANG Warga Negara (WN) Jepang dinyatakan terinfeksi SARS-CoV-2, sepulang liburan dari Bali. Namun hal itu membuat masyarakat bingung, bahkan beberapa orang menduga bahwa WN Jepang itu menderita Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menegaskan, pria asal Jepang itu terinfeksi mutasi COVID-19. Dalam keterangannya, Yuri menerangkan bahwa pria 60 tahun tersebut terjangkit SARS-CoV-2, yang mana menurut referensi yang diterima Kementerian Kesehatan (Kemenkes), penyakit itu adalah mutasi COVID-19.

coronavirus

"Apa yang dialami warga Jepang itu bentuk mutasi COVID-19 yang dicurigai, semakin menyebar dengan ciri gejala semakin ringan," terangnya di depan awak media di Kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Sedangkan, ia tak menampik bahwa berdasarkan penjelasan Badan Kesehatan Dunia (WHO), SARS-CoV-2 merupakan nama dari virus penyebab COVID-19. Namun, ia sekali lagi menegaskan bahwa pria Jepang itu terinfeksi mutasi COVID-19.

"Saya akan tetap menggunakan terminologi yang digunakan oleh Pemerintah Jepang, yang mana mengatakan bahwa SARS-CoV-2 itu, merupakan mutasi atau bentuk perubahan dari penyebab pertama yang dulu disebut 2019-nCoV," tambahnya.

Yuri menerangkan, publik seharusnya tidak memperdebatkan nama dari penyakit yang dialami pria asal Jepang tersebut. Namun, yang perlu diketahui ialah Kemenkes telah melakukan surveilans aktif di lokasi tempat pria itu menetap di Bali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini