nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marinasi Daging Sapi Pakai Bumbu Instan Ayam Kalasan, Boleh Enggak Sih?

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 18:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 25 481 2173993 marinasi-daging-sapi-pakai-bumbu-instan-ayam-kalasan-boleh-enggak-sih-JyJG4GOt9C.jpg Ilustrasi. (Seriouseat)

BAGI yang hobi dan bisa memasak, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya proses marinasi atau merendam daging yang hendak diolah. Namun sebagian orang belum tahu cara memarinasi yang tepat.

Dalam memarinasi daging, biasanya kebanyakan orang akan memilih bumbu ungkep. Termasuk contohnya bumbu praktis instan yang sesuai dengan tipe daging.

daging sapi

Misalnya, bumbu ayam kalasan dipakai untuk marinasi daging ayam, bumbu barbeque dipakai untuk marinasi daging sapi, bumbu ikan goreng dipakai untuk membumbui daging ikan atau seafood.

Tapi tahukah Anda, bahwa bumbu marinasi atau bumbu ungkep ini bisa disilangkan? Misalnya dengan memarinasi daging sapi menggunakan bumbu ungkep ayam kalasan, seperti yang dicontohkan oleh Chef Rendy Kong untuk membuat hidangan sate maranggi.

Melihat Chef Rendy Kong memarinasi potongan daging sapi dengan bumbu ayam kalasan, jadi muncul pertanyaan, apakah boleh memarinasi daging sapi tapi memakai bumbu untuk ayam? Chef Randy menjawab dengan santai, hal ini boleh-boleh saja dilakukan dan tidak akan membuat bentrok atau mengubah rasa.

Justru dengan membumbui daging sapi menggunakan bumbu ayam kalasan, Chef Randy menunjukkan bahwa sebetulnya bumbu praktis instan yang ada di pasaran, sifatnya multifungsi.

“Daging sapi pakai bumbu ayam bentrok atau enggak? Enggak dong, justru dengan ini saya mencontohkan bahwa bumbu praktis itu multifungsi bisa untuk ayam, sapi bahkan sebagai bumbu ungkep seafood. Tidak perlu takut, karena tidak akan mengubah rasa kok,” ungkap Chef Rendy Kong, saat dijumpai Okezone, Selasa (25/2/2020) di Jakarta Selatan.

Sebab, kunci dalam marinasi daging baik itu sapi, ayam, ataupun seafood bukanlah soal klasifikasi tipe bumbu. Melainkan pemakaian minyak goreng, berfungsi sebagai coating, yang menyelimuti potongan-potongan daging tersebut.

“Kuncinya marinasi itu menggunakan minyak goreng, bukan sebagai pelengkap ya. Tapi fungsinya untuk melapisi daging,” imbuhnya.

Misalnya untuk daging sapi, marinasi perlu dilakukan agar sari-sarinya tidak hilanng, kemudian dagingnya jadi alot. Sementara pemakaian minyak yang disarankan dapat menggunakan minyak kelapa sawit atau olive oil. Pada intinya membuat bumbu jadi melekat sempurna.

Sedangkan untuk durasi waktu marinasi, pada dasarnya hitungan waktunya sama saja. Baik dimarinasi di suhu ruangan atau dimasukkan ke lemari pendingin. Biasanya cukup sekira 30 menit.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini