nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Penyebab GERD Kambuh di Sela Beraktivitas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 23:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 25 481 2174112 3-penyebab-gerd-kambuh-di-sela-beraktivitas-KiZ6VnH8zY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) juga dikenal dengan tanda naiknya asam lambung. Banyak penyebabnya yang harus Anda kenali.

Penyakit GERD kembali diperbincangkan masyarakat setelah meninggalnya Ashraf Sinclair. Sebab muncul pula dugaan suami BCL (Bunga Citra Lestari) meninggal karena GERD.

Jika berdasarkan pernyataan dokter, Ashraf meninggal dunia karena serangan jantung. Karena gejala GERD dan serangan jantung hampir sama.

Terlepas dari itu, Anda pun harus waspada untuk mencegah penyebab GERD. Dilansir Okezone dari NakedPress, Rabu (26/2/2020), inilah beberapa penyebab utama yang dapat menimbulkan penyakit maag dan GERD.

Sering makan sembarangan

burger

Makan-makanan berminyak, manis-manis, micin, junk food dan pola makan yang berantakan dapat meningkatkan produksi asam lambung dan reaksi radang yang akan memperparah pengikisan dinding lambung.

Stres berlebihan dan berkepanjangan

gerd

Jika anda mengalami stres yang berlebihan hal tersebut dapat menyebabkan reaksi radang di lambung meningkat dan ikut meningkatkan produksi asam lambung

Kurang makan sayur buah

sayuran ungu

Sering kali kita mengabaikan makanan sehat seperti buah dan sayur-sayuran yang sangat penting bagi tubuh kita. Makanan tersebut perlu dikonsumsi secara rutin karena bakteri baik dalam tubuh perlu nutrisi yang cukup agar asam lambung tidak naik secara terus menerus dan memicu maag dan GERD.

Meskipun maag dan GERD sedikit berbeda, namun cara dalam mengatasinya sama. Hindari makanan pedas dan asam, pola makan lebih teratur, tidur teratur, hindari kopi, teh, dan alkohol, serta rutin detox 1 hari setiap minggu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini