nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Tips Makeup Anti-Luntur Saat Pakai Masker Kesehatan

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 25 Februari 2020 13:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 25 611 2173771 9-tips-makeup-anti-luntur-saat-pakai-masker-kesehatan-ci3yAo5vFV.jpg Tips Makeup Saat Memakai Masker

Semenjak COVID-19 mewabah, makin banyak orang pakai masker kesehatan (surgical mask) saat beraktivitas di luar.

Di sisi lain, pemakaian masker kesehatan ini memunculkan dilema bagi sebagian perempuan. Bisa jadi sebagian perempuan yang terbiasa bermakeup, jadi khawatir pulasan makeup akan luntur karena pakai masker.

Ternyata, ada tips makeup antiluntur saat pakai masker yang bisa Anda praktikkan dengan mudah. Apa saja tipsnya? Berikut uraian singkat 9 tips makeup anti-luntur saat pakai masker kesehatan yang dibagikan pakar kecantikan Y.O.U Makeup, Selasa (25/2/2020).

1. Wajib skincare

Jangan pernah abaikan rutinitas skincare untuk dapatkan kulit wajah sehat. Dimulai dari tahap eksfoliasi dan hidrasi dengan toner atau essence, lalu gunakan serum, eye cream, dan day cream dengan kandungan SPF minimal 30 untuk pagi hari agar terlindung dari dampak negatif paparan sinar UV. Terahir, gunakan night cream di malam hari agar kulit lebih lembap dan kenyal keesokan harinya.

2. Setting spray

Tampak simpel, padahal dengan menyemprotkan setting spray ke wajah dengan jarak 15-20 sentimeter dari wajah sebelum mengaplikasikan makeup, membuat pulasan makeup Anda bisa lebih tahan lama.

3. Primer

Penggunaan primer ini dipakai setelah pemakaian skincare. Fungsinya adalah untuk melindungi kulit dari paparan produk makeup sekaligus untuk membuat kulit jadi lebih halus sehingga lebih mudah mengaplikasikan makeup. Pemakaian primer ini juga berfungsi membuat makeup lebih tahan lama.

4. Foundation

Penting diketahui, dalam pemakaian foundation formulanya adalah tidak perlu dipakai terlalu tebal. Gunakan ½ hingga satu pump foundation saja, lalu aplikasikan di seluruh wajah secara merata. Baurkan dengan beauty sponge, kemudian jika ingin pakai BB Cushion atau CC Cushion, cukup aplikasi tipis-tipis dan tidak perlu ditekan-tekan.

5. Aplikasikan teknik ‘Igari Blush On’

Teknik pengaplikasian blush-on ini membuat wajah Anda tetap terlihat segar merona meskipun tertutup masker. Caranya, pertama aplikasikan dulu cheek cream di pipi hingga bawah mata, lalu tambahkan powder blush-on yang diaplikasikan di tempat yang sama dengan menggunakan kuas blush.

6. Kunci dengan translucent powder

Kunci pulasan makeup dengan pemakaian translucent powder, karena step ini dapat meminimalisir transfer warna foundation ke masker kesehatan. Jangan lupa gunakan powder brush (kuas bedak yang besar dan padat) dan sapukan powder ke seluruh wajah secara perlahan dan merata.

7. Fokus di riasan mata

Mengapa tak coba eksplor riasan mata dengan warna-warna menarik? Pilih warna peach, marun, shimmer, atau smokey eyes . Jangan lupa aplikasikan eyeliner serta maskara di bulu mata bagian atas dan bawah supaya riasan mata lebih cantik.

8. Lip cream matte

Lip cream matte bersifat tidak mudah transfer (berpindah), trik memakai lip cream matte adalah mempersiapkan bibir dulu dengan lip balm. Biarkan meresap hingga 10 menit, lalu bersihkan dengan tisu atau kapas. Setelah itu, baru aplikasikan lip cream matte favorit atau yang berwarna natural, pink salmon, atau nude, hingga peach.

9. Kunci dua kali

Ini maksudnya adalah mengunci pulasan makeup kembali dengan pemakaian setting spray. Langkah ini jadi sentuhan terakhir supaya makeup tidak mudah bergeser karena penggunaan masker. Semprot lagi wajah dengan setting spray, biarkan kering terlebih dahulu sebelum pakai masker kesehatan. Selamat mencoba!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini