nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ranu Manduro Viral di Mojokerto Sempat Ditutup Gara-Gara Ini

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 15:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 26 406 2174403 ranu-manduro-viral-di-mojokerto-sempat-ditutup-gara-gara-ini-1XVPjScNrK.jpg Wisatawan di Ranu Manduro. (Foto: Instagram/@afifa_imani)

SETELAH viral di media sosial, Ranu Manduro dikabarkan sempat ditutup lantaran banyaknya sampah yang bertebaran di area tersebut. Hal ini disampaikan secara gamblang oleh Hafidz Hamdan Bashori, pemilik video Ranu Manduro yang viral di media sosial.

Saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Rabu (26/2/2020), Hafidz membenarkan destinasi wisata yang digadang-gadang mirip Selandia Baru ini sempat ditutup, karena sejumlah alasan. Termasuk masalah kebersihan di Ranu Manduro.

ranu manduro

"Saya dapat kabar dari teman yang tinggal di sana, katanya Selasa sore Ranu Manduro ditutup karena banyak sampah. Tapi akhirnya dibuka lagi hari ini," ungkapnya.

Selain masalah sampah, Hafidz menjelaskan bahwa kawasan Ranu Manduro sendiri sebetulnya belum dapat dikatakan aman bagi wisatawan. Pasalnya, menurut pengkauan warga setempat, daerah tersebut sejatinya merupakan bekas lokasi pengurukan pasir untuk mengatasi lumpur Lapindo.

Ranu Manduro sendiri sebetulnya memiliki sebuah danau buatan yang muncul akibat aktivitas pengurukan tersebut. Namun karena alasan keamanan, air danau terpaksa dikuras untuk meminimalisir kecelakaan.

"Saya tidak tahu pasti apakah sampah itu hanya dijadikan alibi saja, atau memang karena alasan keamanan karena ada beberapa spot bekas pengurukan itu," ungkap Hafidz.

ranu manduro

Kendati demikian, Hafidz mengatakan saat ini Ranu Manduro aman untuk disambangi, asalkan para wisatawan dapat menjaga perilakunya dengan baik.

"Sebelumnya aman-aman saja, tapi kan ada orang-orang yang mau anti-mainstream jadi dia foto di spot-spot yang berbahaya. Seperti yang saya lihat di twitter, ada yang foto di atas tebing. Saya sendiri bingung dia naiknya dari mana," tandasnya.

Ranu Manduro mendadak booming setelah viral di media sosial. Destinasi wisata baru di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini memang menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler.

Hamparan padang rumput hijau dihiasi bebatuan besar dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang berdiri megah menjadi daya tarik Ranu Manduro. Destinasi wisata ini siap memanjakan para pencinta alam dan wisatawan yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk perkotaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini