nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waktu Terbaik Kunjungi Ranu Manduro, Destinasi Wisata Mojokerto yang Viral

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 16:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 26 406 2174464 waktu-terbaik-kunjungi-ranu-manduro-destinasi-wisata-mojokerto-yang-viral-bQQ3YVYBgW.jpg Destinasi wisata Ranu Manduro yang viral di Twitter (Foto : @_siwida/Instagram)

Ranu Manduro mendadak ramai diperbincangkan netizen Indonesia lantaran viral di Twitter. Destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini memang menyuguhkan pemandangan yang spektakuler.

Di Ranu Manduro, wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang masih asri berhiaskan hamparan padang rumput hijau, bebatuan besar, dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang menjadi objek utamanya.

Eits, jangan senang dulu, Okezoners! Ada beberapa hal penting yang harus Anda ketahui untuk mendapatkan pemandangan tersebut. Salah satunya terkait pemilihan waktu yang tepat untuk menyambanginya.

Menurut pengakuan Hafidz Hamdan Bashori, pemilik video Ranu Manduro yang viral di media sosial, waktu terbaik untuk menyambangi Ranu Manduro adalah di pagi hari.

"Paling cocok datang pagi-pagi antara jam 6-7 pagi," katanya saat dihubungi Okezone via sambungan telefon, Rabu (26/2/2020).

Ranu Manduro

(Foto : @inspiringjoker92/Instagram)

Di pagi hari, kata Hafidz, posisi matahari berada tepat di depan Gunung Penanggungan. Sehingga sinarnya akan menyinari area Ranu Manduro, dan Gunung Penanggungan itu sendiri.

Pancaran sinar matahari inilah yang membuat pemandangan alam di sekitar Ranu Manduro menjadi terlihat lebih cantik dan 'hidup'. Apalagi bila malamnya turun hujan, kemudian disusul cuaca cerah keesokan harinya.

Tampilan langit cenderung terlihat lebih bersih, tanpa gumpalan awan-awan mendung dan kabut yang biasanya akan menutupi Gunung Penanggungan.

"Kalau sudah siang atau sore, posisi matahari kan sudah membelakangi gunung, jadi tidak bagus buat berfoto karena backlight. Belum lagi kalau cuaca mendung dan ditutupi kabut. Kabut itu biasanya muncul di atas jam 8 pagi," tegas Hafidz.

Ranu Manduro

(Foto : @_siwida/Instagram)

Penjelasan Hafidz ini sekaligus menjawab tudingan sejumlah netizen yang mengatakan bahwa tampilan Ranu Manduro tidak secantik video yang diunggahnya.

"Saya lihat di Twitter ada yang bilang Ranu Manduro tidak secantik di video. Padahal mereka itu datang saat cuaca mendung dan kabut sudah turun. Saya yakin mereka datang siang atau sore hari. Kalau mau bagus ya datanglah di pagi hari. Sama seperti orang naik gunung, kalau mau lihat pemandangan sunrise yang cantik itu kan harus pagi-pagi," tutup Hafidz.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini