nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Leptospirosis Mengancam Pasca-Banjir, Kenali Gejala Penyakit Kencing Tikus Ini

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 11:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 26 481 2174268 leptospirosis-mengancam-pasca-banjir-kenali-gejala-penyakit-kencing-tikus-ini-QK0CAehsnK.jpg Ilustrasi. (Snopes)

DEMAM Berdarah Dengue (DBD) salah satu penyakit yang mengancam pascabanjir. Selain itu, waspadai pula penyakit leptospirosis.

Leptospirosis merupakan yang dibawa melalui kencing dan kotoran tikus dalam genangan banjir. Genangan banjir yang sudah tercemar dengan kotoran tikus, sudah pasti mengandung bakteri leptospirosis, yang akan menularkan ke tubuh manusia.

tikus

Praktisi Kesehatan Prof Dr dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, menjelaskan, siapapun rentan mengalami leptospirosis. Terlebih jika ada luka terbuka pada tangan atau kaki atau mukosa mulut.

"Tidak hanya itu urine berubah seperti air teh. Sekilas pasien ini seperti pasien dengan infeksi hepatitis virus," papar dr Ari.

Penyakit leptospirosis, kata Prof Ari, sangat berbahaya jika penyakit berlanjut dengan berbagai komplikasi antara lain terjadi kerusakan ginjal, peradangan pankreas, liver, paru, dan otak.

"Pasien dengan leptospirosis datang dengan keluhan demam tinggi mendadak, sakit kepala, mual muntah, lemas, nyeri otot terutuma otot betis, mata merah, dan timbul kuning pada mata dan kulit," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini