nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manfaat Konsumsi Minyak Wijen, Mencegah Flu di Musim Hujan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 17:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 02 27 481 2175074 manfaat-konsumsi-minyak-wijen-mencegah-flu-di-musim-hujan-hW555dtiIa.jpg Ilustrasi. (Zeenews)

MINYAK wijen dikenal sebagai bumbu pelezat makanan favorit. Di balik itu, minyak wijen juga punya banyak manfaat loh.

Minyak wijen kaya antioksidan, juga mengandung beberapa nutrisi lainnya. Minyak wijen menjadi sumber flavonoid, antioksidan, fenolik, asam lemak omega 6, serat makanan, dan vitamin.

Dilansir Okezone dari Zeenews, Kamis (27/2/2020), berikut lima manfaat minyak wijwn yang harus Anda tahu. Yuk simak!

Mencegah flu

flu

Kandungan antivirus yang terdapat di dalamnya mampu menangkal sinusitis dan flu. Minyak ini dapat secara efektif mengatasi hidung tersumbat dan mengurangi pembentukan kerak hidung, ketika dioleskan sedikit pada hidung.

Cegah kolesterol tinggi

Minyak wijen terkenal dengan sifat antiinflamasi dan dapat mengurangi pembentukan bekuan darah, menekan irama jantung abnormal, melebarkan pembuluh darah, dan mengurangi kadar lemak jahat. Kandungan asam linoleat yang membuat 30 sampai 50 persen asam lemak dapat menurunkan kadar kolesterol darah, serta mengurangi risiko penyakit jantung.

Meredakan nyeri

Minyak wijen mengandung antioksidan tinggi yang mampu melawan peradangan dalam tubuh. Sifat antipiretik dan analgesik, mengurangi peradangan dan menghilangkan rasa sakit.

Mengontrol hipertensi

Minyak wijen mengandung senyawa sesamin yang dapat mengontrol hipertensi. Penelitian menunjukkan, konsumsi minyak wijen dapat memengaruhi tekanan sistolik dan diastolik, bersama dengan penurunan berat badan dan indeks massa tubuh.

Cegah kanker

Kandungan sesamin dalam minyak wijen membantu melawan kanker. Berbagai penelitian menunjukkan, sesamin mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat, pankreas, paru-paru, usus besar, dan kanker payudara. Selain itu, sesamin mampu mengurangi kerusakan sel akibat radiasi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini