nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arti Penting Pendidikan Bagi Gita Gutawa Dalam Menunjang Proses #KejarMimpi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 27 Februari 2020 15:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 27 612 2175034 arti-penting-pendidikan-bagi-gita-gutawa-dalam-menunjang-proses-kejarmimpi-v5q9Zw56D7.jpg Gita Gutawa (Foto: Instagram/gitagut)

DI kancah industri musik, nama Gita Gutawa, anak pertama pasangan Erwin Gutawa dan Lulu Gutawa ini memang tidak perlu diragukan lagi. Gita sudah mengawali kariernya di musik sejak umur 11 tahun setelah diminta untuk berduet bersama grup ADA Band.

Tak terasa sekarang usia gadis bernama lengkap Aluna Sagita Gutawa ini hampir menginjak 26 tahun. Yang bikin kagum, Gita gak hanya punya suara merdu. Ia juga berhasil mengukir prestasi dalam dunia tarik suara. Seperti AMI Award, International Nile Child Song Festival, dan sebagainya.

Namun, keputusannya jadi seorang seniman saat besar nyatanya bukan merupakan paksaan dari orang tua. Gita bahkan mengaku ketika kecil punya banyak cita-cita yang suka berubah-ubah.

“Tapi akhirnya memang musik yang selalu ada dan aku pun tumbuh dan berkembang penuh dengan musik,” ujar cewek kelahiran 11 Agustus 1993 ini.

Meski sukses berkarir, Gita tetap tak melupakan pendidikan. Bagi Gita pendidikan formal adalah hal yang sangat penting untuk meraih cita-cita meski sebagai perempuan. Ia mengambil kuliah S1 Ekonomi di University of Birmingham, Inggris dan lulus pada 2014.

“Jadi walalupun aku mungkin sudah punya karier, aku rasa banyak hal yang tetap harus aku kembangkan. Bahkan akhirnya aku memutuskan kuliah ambil jurusan di luar musik,” ujar perempuan bergigi ginsul itu.

Setelah lulus S1, lulus putri pertama Erwin Gutawa itu, langsung melanjutkan jenjang Master (S2) dengan Jurusan Culture and Society di London School of Economics and Political Science dan lulus pada pertengahan tahun 2015.

Pada 2017, Pelantun kembang Perawan itu, dinobatkan sebagai duta kehormatan pariwisata Kota Seoul, Korea Selatan.

“Kita semua pasti punya mimpi, kadang mimpi kita itu berubah-ubah sesuai dengan perjalanan hidup kita, seperti karir saya di dunia tarik suara itu sebetulnya awalnya hanya dari ketidaksengajaan, tapi karena keluarga saya itu mengutamakan pendidikan, hingga saya menempuh pendidikan sampai S2 bisnis kreatif, dan saat ini saya menjalani dua mimpi saya, baik dunia tarik suara dan bisnis,” ujar Gita Gutawa.

Gita gutawa menyayangkan tentang bagaimana kurang meratanya pendidikan di Indonesia, terutama banyaknya sekolah atau institusi bagus yang hanya ada di kota besar.

Menurut Gita, pertumbuhan penggunaan teknologi, terutama smartphone, terus berkembang dengan cepat di Indonesia. Semua kalangan, bahkan anak kecil pun sudah semakin tidak asing dengan teknologi.

“Aku berharap mudah-mudahan teknologi ini digunakan untuk sesuatu yang positif dan bisa membantu memecahkan ketidakmerataan pendidikan di Indonesia,” katanya.

Lulusan S2 Ekonomi Kreatif di Inggris ini, menambahkan kalau aset paling penting anak muda adalah kreatifitas. "Karena kalau sekedar dari ilmu saja, teori saja akan banyak yang akan menyaingi kita," ungkapnya.

Perempuan berwajah manis itu pun, menambahkan, jika pendidikan membuatnya bisa semakin mengembangkan diri dan tingkat disiplin. Pendidikan formal membuat dirinya semakin berpikiran terbuka. Sebab itu Gita mengaku sangat senang ketika semakin banyak kesempatan terbuka bagi perempuan Indonesia untuk meraih pendidikan setinggi mungkin.

Kini Gita sudah kembali berkiprah di industri musik, namun lebih banyak bermain di belakang layar. Salah satunya, ia menjadi produser konser-konser sang ayah, Erwin Gutawa.

Akhir 2019, Gita Gutawa diundang di acara #KejarMimpi Leaders Camp yang dihelat CIMB Niaga di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah). Gita Gutawa didapuk menjadi pembicara Leaders Camp di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Banda Aceh. Dalam sharing yang diadakan oleh CIMB Niaga ini Gita menyampaikan pengalamannya rahasia dari kunci suksesnya dalam proses #KejarMimpi kepada audience. (cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini