Observasi COVID-19 di Pulau Sebaru Kecil, Wisata Kepulauan Seribu Aman Dikunjungi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 02 28 406 2175508 observasi-covid-19-di-pulau-sebaru-kecil-wisata-kepulauan-seribu-aman-dikunjungi-pekiNyVmh4.jpg Perairan Pulau Sebaru. (Instagram/@bang_ucok)

SEBANYAK 188 Anak Buah Kapal (ABK) yang terdampak Coronavirus Disease (COVID-19) di kapal pesiar World Dream mulai diobservasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, pada Jumat (28/2/2020). Pulau Sebaru Kecil itu masih satu kawasan dengan pulau tujuan wisata di Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia menegaskan, bahwa seluruh aktivitas wisata tetap berjalan seperti biasanya. Wisatawan yang ingin jalan-jalan ke Kepulauan Seribu di akhir pekan ini juga dipersilahkan.

pulau sebaru

"Aman. Enggak ada masalah," terang Cucu saat dihubungi Okezone via sambungan telepon, Jumat (28/2/2020).

Lebih lanjut Cucu menjelaskan, sebelum Pulau Sebaru Kecil dipilih sebagai lokasi observasi COVID-19, pulau ini dahulunya juga sempat digunakan sebagai tempat rehabilitasi narkoba. Ada beberapa fasilitas pendukung yang telah didirikan di pulau tersebut.

Mulai dari dermaga, rumah layak huni, hingga klinik untuk mengecek kesehatan para pasien. Letak Pulau Sebaru Kecil pun terbilang jauh dari rumah penduduk dan pulau-pulau resort, sehingga dapat dikatakan aman untuk digunakan sebagai tempat karantina atau observasi.

Di samping itu, saat ini aktivitas wisata di Kepulauan Seribu memang terbilang rendah. Karena sedang memasuki masa low season.

"Kebetulan kan lagi low season, lagi musim hujan. Kalau di pulau itu istilahnya lagi musim angin barat, jadi aktivitas wisata juga kurang," terangnya.

Cucu pun berharap, selama masa observasi COVID-19 berlangsung, tidak akan menimbulkan persepsi atau ketakutan di tengah masyarakat. Sebab Pulau Sebaru Kecil ini tergolong pulau kosong dan lokasinya aman.

"Harapan saya jangan ada persepsi macam-macam. Ketakutan itu kan hanya masalah persepsi. Jadi bagi wisatawan yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu, ya, silakan saja, karena memang aman untuk dikunjungi," tukasnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini