nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obati Pilek, Efektifkah Menyedot Lendir pada Hidung Anak yang Tersumbat?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 19:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 28 481 2175721 obati-pilek-efektifkah-menyedot-lendir-pada-hidung-anak-yang-tersumbat-Ktsd4qGeV9.jpg Ilustrasi anak pilek (Foto : Webmd)

Musim hujan yang melanda sebagian besar wilayah di Indonesia tentu membuat penyebaran virus dan bakteri menjadi semakin banyak. Virus dan bakteri ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh anak yang masih lemah sehingga mudah terserang flu atau pilek. Tentunya merawat anak kecil yang menderita pilek tidak lah semudah yang dibayangkan.

Terlebih ketika usia sang anak masih muda dan tidak mampu membuang lendir hidungnya secara mandiri. Alhasil sebagian orangtua memutuskan menyedot lendir pada hidung anaknya yang pilek menggunakan mulutnya untuk dikeluarkan. Meski demikian apakah cara ini efektif?

Spesialis Gastroenterologi Anak, dr. Frieda Handayani Kawanto, Sp. A(K) mengatakan menyedot lendir pada anak yang sedang menderita pilek sangatlah tidak dianjurkan untuk orangtua. Pasalnya cara ini terbukti tidak efektif dan justru berbahaya bagi sang orangtua.

“Itu bukti efektivitasnya tidak terlalu banyak, malah lebih nanti orang tuanya mudah tertular. Karena akhirnya orang tuanya menghirup kalau ada kuman lebih baik dia dikeluarkan dengan cara-cara yang lebih ada penelitiannya,” terang dr. Frieda kepada Okezone baru-baru ini.

Anak Pilek

Ilustrasi anak pilek (Foto : Webmd)

Dokter Frieda mengatakan beberapa alternatif bagi para orangtua yang ingin mengeluarkan lendir pada hidung anaknya yang tersumbat bisa dengan cara memberikan sempot carragelose. Selain itu juga bisa dilakukan dengan pemberian topikal yang aman, sehingga lendirnya lebih banyak keluar secara alami tanpa disedot.

“Menyuruh sang anak membuang lendir dengan meniupnya akan membuat dinding hidung lecet dan merusak epitel-epitel dalam hidungnya. Pokoknya segala sesuatu yang dipaksakan tidak baik. Kalau mau ada sesuatu dibersikan dengan cotton bud, boleh. Tapi tidak boleh dibersihkan dengan sesuatu yang keras,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini