nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Cara Mencegah Virus Korona COVID-19 Menyebar di Kantor

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 20:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 02 28 481 2175775 4-cara-mencegah-virus-korona-covid-19-menyebar-di-kantor-hZt81I7qpe.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VIRUS Korona COVID-19 memang mudah menyebar hanya dengan media udara. Bahkan, jika virus tersebut menempel di benda maka orang yang mengalami kontak bisa terkena virus.

Nah, salah satu tempat yang ramai adalah kantor, apalagi jika kantor kita ber AC, maka sirkulasi udara tidak dapat tersalurkan dengan baik. Lantas, apa yang harus dilakukan agar aman di kantor?

Menyitat rekomendasi WHO, jika ingin memperlambat atau mencegah penyebaran COVID-19 di tempat kerja ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

di tempat kerja ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

Pertama, pastikan tempat kerja Anda bersih dan higienis. Permukaan meja dan benda yang sering dipakai bersama seperti telepon, perlu dibersihkan dengan desinfektan secara teratur. Pasalnya, kontaminasi pada permukaan tersebut adalah salah satu cara utama COVID-19 dapat menyebar.

Kedua, perlu adanya imbauan untuk mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh oleh karyawan, kontraktor, dan pelanggan. Tempatkan dispenser pembersih tangan di tempat-tempat strategis di sekitar tempat kerja. Pastikan dispenser ini diisi ulang secara teratur

Tapi, pastikan juga bahwa staf, kontraktor dan pelanggan memiliki akses ke tempat-tempat di mana mereka dapat mencuci tangan dengan sabun dan air. Karena, mencuci dapat membunuh virus di tangan Anda dan mencegah penyebaran COVID-19.

Selanjutnya, promosikan kebersihan pernafasan yang baik di tempat kerja. Pastikan masker wajah atau tisu kertas tersedia di tempat kerja Anda. Bagi mereka yang menderita pilek atau batuk di tempat kerja, buang limbah tersebut ke tempat sampah tertutup untuk membuangnya secara higienis

Terakhir, siapa pun yang menderita batuk ringan atau demam ringan dengan panas 37,3 Celsius atau lebih, tidak perlu ke kantor . Mereka bisa bekerja dari rumah dan minum obat, seperti parasetamol atau asetaminofen, ibuprofen atau aspirin, yang dapat menutupi gejala infeksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini