4 Tanda Kulit Kamu Alergi terhadap Produk Kecantikan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 21:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 611 2175829 4-tanda-kulit-kamu-alergi-terhadap-produk-kecantikan-WOD3PbSrv6.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BELAKANGAN ini produk kecantikan yang ada di pasaran semakin beragam. Masing-masing pun menawarkan keunggulannya sendiri-sendiri, entah itu mencerahkan kulit, memutihkan atau mungkin membuat halus.

Iklan-iklan yang ditampilkan pun membuat para pencinta kecantikan atau beauty enthusiast penasaran. Mereka pun akhirnya mencoba untuk membeli produk make-up atau skincare terbaru.

Tapi, tidak semua produk kecantikan cocok loh dengan kulit kamu. Salah pakai, kulit akan alergi dan malah membuatnya menjadi buruk. Seperti dilansir New Beauty, berikut adalah beberapa ciri kulit alergi terhadap produk kecantikan.

Seperti dilansir New Beauty, berikut adalah beberapa ciri kulit alergi terhadap produk kecantikan.

Kulit gatal-gatal

Kulit yang gatal menjadi reaksi tubuh terhadap kandungan tertentu yang ditemukan pada produk kecantikan. "Jika kulit memerah dan gatal, itu bisa saja terkena alergi terhadap kandungan produk yang digunakan," ujar ahli kulit Debra Jaliman, MD.

Kulit terasa kencang

Ciri alergi kulit terhadap suatu produk kecantikan adalah kulit terasa kencang. Misalnya, pembersih wajah yang Anda gunakan justru menyebabkan kehilangan minyak alami pada kulit sehingga dehidrasi, kering, dan iritasi. Karena itu, pastikan menggunakan produk kecantikan yang memiliki keseimbangan pH.

Muncul ruam

Salah satu reaksi alergi kulit terhadap produk kecantikan tertentu adalah muncul ruam. Dituturkan oleh dermatologi Tsippora Shainhouse, MD, ruam pada tubuh bisa muncul akibat bahan pengawet dan wewangian yang ditemukan pada produk kecantikan. Karena itu, sebaiknya lakukan tes alergi untuk mengetahui kandungan apa saja yang patut diwaspadai oleh kulit.

Kulit terasa seperti terbakar

Kandungan tertentu dalam produk kecantikan bisa saja terlalu 'berbahaya' untuk pemilik tipe kulit sensitif. Hal tersebut menyebabkan wajah terasa perih atau terbakar. Bila hal tersebut terjadi, segera bilas wajah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini