5 Tahun Pernikahan Pertama Masa Paling Sulit, Benarkah?

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 29 196 2176155 5-tahun-pernikahan-pertama-masa-paling-sulit-benarkah-b6WV0DIzd8.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAAT usia lima tahun pernikahan pertama sering dianggap sebagai titik ujian tersulit dalam suatu biduk rumah tangga. Kalimat itu pasti sudah sering Anda dengar.

Apa betul ya memasuki usia lima tahun pernikahan jadi momen yang rentan untuk membangun rumah tangga? Karena selama itu cobaan berat datang, atau di masa-masa inilah, pasangan mulai merasa jenuh dengan kehidupan rumah tangga yang dijalani.

pernikahan

Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka Okezone bertanya kepada Psikolog Zarra Dwi Monica, MPsi. Ditelisik dari ranah ilmu psikologi, ternyata ungkapan familier bahwa masa lima tahun pernikahan itu memang benar bisa jadi masa tersulit. Di waktu inilah dinilai sebagai masa adaptasi pertama.

“Tentu karena lima tahun pertama itu adalah masa-masa adaptasi,” ujar Zarra, saat dihubungi Okezone belum lama ini.

Adaptasi yang dilakukan, kata Zarra tidak sederhana. Pasangan beradaptasi dengan tanggung jawab baru, sifat masing-masing yang baru diketahui setelah menikah, finansial, kehidupan seksual, keluarga masing-masing, dan yang lainnya

pernikahan

Kemudian setelah proses adaptasi, proses selanjutnya adalah perubahan. Saat menikah, banyak perubahan yang terjadi dalam hidup seseorang. Perubahan di diri sendiri, sampai ke perubahan soal menjalani kehidupan.

Perubahan besar dan banyak inilah, yang diungkapkan Zarra jadi salah satu faktor pemicu hadirnya berbagai masalah dalam rumah tangga dari banyak sisi. Tentunya, yang jika tidak segera diselesaikan dengan tepat, bisa membuat rumah tangga tidak bahagia.

“Hampir seluruh aspek hidupnya jadi butuh penyesuaian karena ada transisi dari hidup sendiri jadi pasangan,” ungkap Zarra.

Tak heran jika konflik banyak muncul dari berbagai aspek. Sehingga banyak pasangan merasakan cobaan besar di awal pernikahan.

"Kalau tidak disiasati dengan benar, hubungan jadi tidak harmonis, bertengkar terus, masalah jadi menumpuk-numpuk," tegasya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini