nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ilmuwan Israel Klaim Vaksin Korona COVID-19 Selesai dalam Beberapa Minggu

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 29 Februari 2020 18:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 02 29 481 2176175 ilmuwan-israel-klaim-vaksin-korona-covid-19-selesai-dalam-beberapa-minggu-HlydPvWITh.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAMPAI saat ini, virus Korona COVID-19 memang masih menjadi misteri. Selain awal penyebarannya yang belum diketahui, virus ini masih belum memiliki penawar.

Tapi, ada berita baik lantaran para ilmuwan di Israel mengatakan mereka semakin dekat dengan vaksin oral yang akan mengalahkan virus korona. Pejabat Israel memperkirakan obat itu akan tersedia dalam waktu 90 hari, setelah menyelesaikan tes yang diperlukan.

Menteri Sains dan Teknologi Ofir Akunis pun mengapresiasi Institut Penelitian Galilea (MIGAL) atas terobosan yang mereka lakukan.

"Saya yakin akan ada kemajuan lebih lanjut yang cepat, memungkinkan kami untuk memberikan respons yang diperlukan terhadap ancaman global COVID-19," tuturnya seperti dilansir dari Daily Mail.

mengapresiasi Institut Penelitian Galilea (MIGAL) atas terobosan yang mereka lakukan.

Para ilmuwan di MIGAL mengonfirmasi bahwa mereka mengerjakan vaksin tersebut, lewat vaksin virus bronkitis infeksi (IBV) yang ditemukan pada unggas. Vaksin ini pun telah diuji di Institut Kedokteran Hewan dan telah terbukti efektif.

Dr. Chen Katz, pemimpin kelompok bioteknologi MIGAL, mengatakan konsep dasar mereka adalah mengembangkan tidak secara khusus membuat vaksin untuk jenis tertentu. Menurutnya, vaksinasi oral akan menginduksi tingkat antibodi anti-IBV spesifik dalam percobaan.

Ilmuwan MIGAL mengatakan, mereka tinggal menyesuaikan urutan dari korona Virus unggas dengan manusia yang mereka miliki dalam beberapa minggu. Jika semuanya lancar, maka vaksin COVID-19 akan tersedia. "Yang perlu kita lakukan adalah menyesuaikan sistem dengan urutan baru," katanya.

“Kami berada di tengah-tengah proses ini, dan mudah-mudahan dalam beberapa minggu kami akan memiliki vaksin di tangan kami. Ya, dalam beberapa minggu, jika semuanya berhasil, kami akan memiliki vaksin untuk mencegah coronavirus," tambah dia.

CEO MIGAL David Zigdon mengatakan akan melakukan segala untuk mempercepat pengembangan ini. Termasuk, menggandeng pihak lain untuk mempercepat uji coba.

"Kami saat ini sedang dalam diskusi intensif dengan mitra potensial yang dapat membantu mempercepat fase uji coba dengan manusia, dan mempercepat penyelesaian pengembangan produk akhir dan kegiatan pengaturan," jelas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini