Menanti Kedatangan 68 ABK Diamond Princess Negatif COVID-19, Skriningnya Ketat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 12:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 01 481 2176396 menanti-kedatangan-68-abk-diamond-princess-negatif-covid-19-skriningnya-ketat-GX1oIqN5IT.jpg Ilustrasi. (Bussinesinsider)

Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi Anak Buah Kapal (ABK) Kapal Diamond Princess, rencananya akan datang ke Indonesia malam ini, Minggu (1/3/2020), melalui Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Jumlah ABK negatif COVID-19 yang dievakuasi sebanyak 68 orang.

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menerangkan, jika berdasar data, ada 70 ABK yang dinyatakan negatif COVID-19. Namun, dua di antaranya memilih tetap bertahan di kapal.

diamond princess

"Ya, ada dua yang tidak bersedia dievakuasi. Mereka memilih bertahan di dalam kapal dan ini keputusan yang kami hargai," kata Yuri pada Okezone melalui sambungan telepon, Minggu (1/3/2020).

Rencana evakuasi akan dilakukan dengan skema sebagai berikut;

Dari Jepang, 68 ABK warga negara Indonesia (WNI) tersebut akan melewati skrining ulang pukul 15.00 waktu Jepang. Hasil pemeriksaan itu yang akan menentukan apakah ABK tersebut bisa pulang atau tidak.

"Kalau memang ada yang positif COVID-19, dipastikan dia tidak ikut pulang dan akan langsung dibawa ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pengobatan intensif," sambungnya.

Yuri menegaskan, meski begitu sampai sekarang kondisi ke-68 WNI di Kapal Diamond Princess sehat semua. Tidak ada satu orang pun yang menunjukan gejala serius. "Suhu tubuh mereka aman. Semoga 68 WNI ini bisa dievakuasi seluruhnya," pinta Yuri.

Jika hasil sudah keluar, maka evakuasi pun akan dilakukan. Rencananya, pesawat yang mengangkut 68 ABK WNI ini akan take off dari Jepang pukul 18.00 waktu Jepang. Mereka diperkirakan akan mendarat di Bandara Kertajati sekitar pukul 23.30 WIB.

Setelah itu, para ABK ini akan pindah ke bus TNI menuju Pelabuhan PLTU Indramayu. Di sana, KRI Soeharso sudah menunggu. Nah, sebelum masuk ke KRI Soeharso, 68 ABK ini akan disemprotkan disinfektan.

"Kemudian, mereka akan menjalani pemeriksaan kesehatan lengkap, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh sampai pengambilan spesimen," tambah Yuri. Proses ini diperkirakan selesai pukul 03.00 WIB, Senin 2 Maret 2020.

Nah, jika semua proses pemeriksaan selesai, maka KRI Soeharso siap melaju ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta. Diprediksi, 68 ABK ini akan sampai di tempat observasi pukul 09.00 WIB.

"Setibanya di lokasi observasi di Pulau Sebaru Kecil, kami meminta para ABK ini untuk istirahat karena telah melalui perjalanan yang sangat melelahkan. Nah, sorenya kami cek lagi kesehatannya sebagai pemantauan rutin," terang Yuri.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini