Belajar dari Keguguran Nagita Slavina, Kenali Tanda Awal Kehamilan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 11:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 196 2176743 belajar-dari-keguguran-nagita-slavina-kenali-tanda-awal-kehamilan-EaukqFIV1B.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK kasus keguguran di awal kehamilan. Kasus ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah karena si ibu tidak tahu kalau dia sedang hamil seperti yang dialami Nagita Slavina.

Ya, dalam curhatannya di Youtube, Nagita Slavina menceritakan kalau dirinya tahu keguguran di toilet mall. Entah bagaimana flek keluar dan dia masih anggap itu biasa saja dan pemeriksaan kehamilan tetap ia lakukan.

Sampai akhirnya dokter kandungan membenarkan Nagita Slavina keguguran. Setelah mengetahui itu, air mata Gigi, sapaan akrabnya, tak bisa dibendung. Raffi Ahmad pun ikhlas dengan keputusan Tuhan ini.

Di sisi lain, mengetahui apakah Anda sedang hamil atau tidak itu sangat penting. Sebab, banyak perempuan mengalami keguguran karena mereka tidak sadar sedang hamil. Alhasil, aktivitas berat atau juga makan sembarang masih dilakukan.

Alhasil, aktivitas berat atau juga makan sembarang masih dilakukan.

Nah, apakah ada tanda khusus di awal kehamilan yang bisa diketahui si ibu?

Diterangkan Dokter Kandungan Jamie Morgan, MD, gejala yang sangat mudah dikenali adalah menstruasi terlambat. Jadi, ketika Anda sudah terlambat menstruasi, segeralah datangi fasilitas kesehatan untuk mengetahui kepastian tanda tersebut.

Namun, ada beberapa perempuan yang tidak memiliki tanggalan yang tepat setiap bulannya. "Karena itu, tanda yang satu ini tidak begitu bermanfaat," ungkap Morgan di laman UT Southwestern Medical Center.

Selain itu, tanda lain dari kehamilan adalah mual dan muntah. Ini menjadi tanda paling mudah lainnya yang bisa dikenali dari kehamilan trimester pertama.

Kondisi mual atau muntah ini biasanya akan dialami si ibu sampai usia kehamilan akhir trimester pertama. Gejala yang satu ini juga dikaitkan dengan ngidam atau benci makanan tertentu. Sayangnya, ngidam akan terjadi biasnya di sepanjang masa kehamilan.

 Sayangnya, ngidam akan terjadi biasnya di sepanjang masa kehamilan.

Dokter Morgan menambahkan, tidak ada alasan pasti kenapa ibu hamil mual-mual. Namun, jika diminta alasannya, itu mungkin karena peningkatan kadar hormon kehamilan HCG.

"Beberapa orang berpendapat bahwa dahulu kala mual dan muntah membuat ibu hamil tidak makan sesuatu yang membahayakan kehamilan di trimester pertama," katanya.

Payudara nyeri juga bisa jadi tanda lain kehamilan. Ini terjadi karena retensi cairan serta peningkatan ukuran kelenjar susu.

Jumlah jaringan lemak meningkat karena bertambahnya kadar hormon kehamilan. Puting dan areola juga akan menjadi lebih gelap warnanya setelah pembuahan terjadi.

Selain tanda-tanda di atas, perempuan yang sedang hamil muda juga biasanya akan lebih mudah letih atau ngantuk. Peningkatan kadar hormon kehamilan, khususnya progesteron, dapat membuat si ibu ngantuk. So, jangan pernah mengabaikan tanda-tanda kehamilan ini, ya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini