Cara Membuat Kaldu Sapi biar Enggak Prengus

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 22:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 298 2177121 cara-membuat-kaldu-sapi-biar-enggak-prengus-1Vbt9UB5bc.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

SAAT ingin membuat kaldu sapi, seringnya keluar aroma prengus yang tentu merusak cita rasa. Sebenarnya bagaimana ya cara membuat kaldu sapi enak dan gurihnya pas?

Menyediakan kaldu sapi di rumah punya banyak kegunaan. Selain untuk membuat makanan pendamping ASI (MPASI) si kecil, kaldu sapi juga mempermudah Anda memasak menu lainnya.

daging

Pakar Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo memberi satu tips muda untuk membuat kaldu sapi yang enak loh. Apa sih rahasianya?

"Sebelum direbus, tunggu airnya sampai mendidih dulu. Jangan air baru dipanasin di kompor, lalu daging dimasukkan," ungkapnya kepada Okezone, belum lama ini.

Menurutnya, cara tersebut sama saja dengan mencuci daging. Karena airnya belum panas, tapi daging sudah dimasukkan.

daging

Alhasil, membuat kotoran pada daging keluar, sehingga kaldu sapi itu jadi bau prengus. "Biar tidak amis rebusnya tunggu air mendidih dan daging baru dimasukkan," katanya.

Sisca mengatakan, untuk durasi merebus daging untuk kaldu sapi, paling lama antara 30 menit. Namun tergantung seberapa banyak daging yang direbus untuk stok kaldu sapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini