Cegah COVID-19, Harus Berapa Lama Cuci Tangan?

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 481 2176690 cegah-covid-19-harus-berapa-lama-cuci-tangan-cZ803gGX9q.jpg Cuci tangan yang baik durasi 20 detik (Foto : Cnet)

Cuci tangan dengan baik dan benar, adalah salah satu anjuran yang tengah ramai digaungkan di masyarakat sebagai salah satu upaya melindungi diri dari paparan virus corona atau COVID-19.

Catatan kasus COVID-19 yang telah menyebar ke kurang lebih 50 negara di dunia ini , sekarang sudah tercatat lebih dari 85.000 kasus yang dilaporkan dengan jumlah korban jiwa mencapai 3000 orang.

Vaksin dan antibiotik untuk menangani virus ini belum ditemukan, maka dari itu tidak ada yang bisa kita lakukan memang selain menjaga kesehatan diri dan membantu memerangi penyebaran virus menggunakan upaya sederhana, menjaga kebersihan tangan yang benar.

Menjaga kebersihan tangan dengan benar, artinya mencuci tangan secara menyeluruh dan teratur. Tahukah Anda, disebutkan dengan rutin mencuci tangan hanya dengan sabun dan air akan membantu menghentikan penularan virus korona baru yang menyebar cepat ini loh!

Cuci Tangan

Lalu harus berapa lama cuci tangan sehingga tangan kita bisa dikatakan benar-benar bersih? secara durasi waktu disebutkan cucilah tangan paling tidak selama 20 detik. Seperti dianjurkan Royal Pharmaceutical Society, 20 detik tersebut sama dengan ketika kita menyanyikan lagi Happy Birthday sebanyak dua kali.

Namun bukan hanya soal durasi 20 detik, teknik dalam mencuci tangan juga harus tepat. Teknik yang tepat ketika mencuci tangan, ialah pertama fokus pada bagian punggung tangan, sabuni kedua punggung tangan, lalu gosok dan sabuni bagian sela-sela jari tangan, lanjut ke bagian bawah kuku-kuku agar diri bersih dari bakteri berbahaya. Di sela-sela mencuci tangan, hindari menyentuh mata dan hidung.

Cuci tangan sesering mungkin, sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi dan tutupi hidung dan mulut saat bersin dan jangan lupa untuk cuci tangan lagi. Ketika jatuh sakit, usahakan untuk tetap banyak minum air mineral dan sebaiknya tinggal istirahat di rumah ketimbang memaksakan diri tetap beraktivitas, pergi bekerja kantor atau sekolah misalnya

Sementara itu, Presiden Royal Pharmaceutical Society, Ash Soni mengatakan bahkan ketika diri kita tetap tidak terpengaruh oleh virus yang kita bawa, jika kita tidak mencuci tangan maka kita dapat menularkan infeksi kepada orang lain yang lebih rentan. Demikian seperti disitat Thetravelmagazine, Senin (2/3/2020).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini