Alami 3L Disertai Batuk? Waspada Bisa Jadi Gejala COVID-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 481 2176772 alami-3l-disertai-batuk-waspada-bisa-jadi-gejala-covid-19-sp3MS9cmR3.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Selama ini masyarakat diedukasi pemerintah maupun Badan Kesehatan Dunia (WHO) bahwa gejala COVID-19 ada tiga, demam, batuk, dan sulit bernapas. Tapi, tahukah Anda ada gejala lain yang juga harus diperhatikan.

Ya, selain tiga gejala yang sudah diketahui selama ini, COVID-19 juga bisa ditandai dengan kondisi tubuh alami 3L atau letih, lemah, dan lesu. Kondisi ini terjadi karena demam tubuh yang sangat tinggi.

Informasi ini disampaikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Mitra Keluarga dr. Paskalis Gunawan, SpPD. Ada gejala klinis lain yang dapat dilihat dari pasien COVID-19.

"Jadi, selain demam, batuk, dan susah bernapas, pasien COVID-19 juga alami letih, lemah, dan lesu. Biasanya ini disertai batuk kering. Kondisi ini dialami 80% pasien COVID-19," terangnya di acara MNC Life Health Talk beberapa waktu lalu.

Terkait dengan demam, ini dialami 90% pasien COVID-19. Kemudian, sesak napas itu dialami 20% pasien penyakit yang mewabah di berbagai negara tersebut.

Demam

Kemudian, jika dilihat secara detil, saat pemeriksaan medis, hasil rontgen dada pasien COVID-19 memberikan gambaran adanya perubahan di kedua lapangan paru. "Vital sign umumnya stabil saat dalam perawatan," sambung dr Paskal.

Pasien COVID-19 biasanya akan menjalani pemeriksaan mikroskopis sediaan darah. Nah, menurut dr Paskal, hasil tesnya menunjukan gambaran hitung sel darah putih yang rendah (leukopenia dan limfopenia).

"Menjaga kesehatan dan kebersihan diri menjadi hal penting sekarang. Vaksin yang belum tersedia mengharuskan kita menjaga sistem imun tubuh dengan gaya hidup sehat dan juga bersih," sarannya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini