2 WNI Korban Korona COVID-19 Akan Jadi Sample Riset Menkes Terawan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 12:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 481 2176796 2-wni-korban-korona-covid-19-akan-jadi-sample-riset-menkes-terawan-AWk1GhPcho.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PRESIDEN Jokowi hari ini mengumumkan ada dua orang yang terpapar virus Korona COVID-19. Dua orang ini terpapar virus setelah adanya kontak dengan korban asal Jepang.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan, saat ini keduanya pun sudah dalam pengawasan di RSPI Sulianti Saroso. Menurut Menkes, pihaknya akan melakukan penelitian terhadap kedua korban tersebut.

"Ada sisi lain yang bisa kita ambil. Jadi kita bisa dapat sample yang bisa kita riset bersama," tutur Menkes di Istana Negara, seperti dilansir dari iNews.

saat ini keduanya pun sudah dalam pengawasan di RSPI Sulianti Saroso.

Menurutnya, COVID-19 ini adalah penyakit yang hanya bisa disembuhkan oleh diri sendiri. "Karena memang belum ada vaksinya kan," tutur dia.

Dua orang WNI tersebut berasal dari Depok, Jawa Barat yang merupakan ibu berusia 61 tahun dan anak berusia 31 tahun. Diduga penyebaran virus ini berasal dari teman dekat korban yang berasal dari Jepang yang positif terpapar COVID-19.

Kabar ini tentu menghebohkan masyarakat Indonesia khususnya warga Depok karena takut tertular COVID-19 yang sedang ramai diperbincangkan sejak tiga bulan lalu.

Walaupun begitu, Menkes Terawan mengimbau masyarakat agar tidak panik. Pasalnya penyakit ini dapat dilawan dengan sistem kekebalan tubuh yang baik.

Menkes Terawan mengimbau dengan kejadian ini, masyarakat bisa lebih waspada dalam menjaga kesehatan. Salah satunya dengan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang disosialisasikan Kemenkes.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini