Imbas 2 Korban Korona COVID-19, Kemenkes Awasi 48 Orang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 481 2176992 imbas-2-korban-korona-covid-19-kemenkes-awasi-48-orang-p9mfCUyaEn.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) telah melakukan active tracking atau penelusuran pada orang di sekitar dua orang Indonesia yang positif virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Sampai sekarang, diketahui terdapat 48 orang yang sudah didata Kemenkes.

Mereka ini merupakan pihak-pihak yang melakukan kontak dengan dua orang Indonesia positif COVID-19. Termasuk di dalamnya adalah orang yang menetap di rumah yang sama dengan pasien.

covid

"Sampai sekarang, kami baru mendata 48 orang yang melakukan kontak dengan pasien positif COVID-19 ini. Mereka ini belum dilakukan pengecekan kesehatan, seperti misalnya pengambilan spesimen di antara mereka," terang Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono, di Kantor Kemenkes, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Sampai saat ini, Kementerian Kesehatan pun belum melakukan sterilisasi di area rumah dua orang Indonesia yang positif COVID-19 itu. Begitu juga dengan isolasi pada warga sekitar kediaman.

korona

"Ngapain di isolasi, karena kan yang kena baru dua orang. Jadi, belum ada rencana isolasi," tutur Anung.

Kemenkes saat ini baru melakukan clustering, terhadap orang-orang yang kontak langsung, dengan dua orang Indonesia positif COVID-19. Clustering ini dilakukan pada tiga tingkatan kedekatan dengan pasien, yaitu kontak erat, kontak dekat dan kontak area.

Terkait dengan 48 orang yang didata Kemenkes, mereka semua kondisinya dalam keadaan sehat dan tidak melaporkan keluhan terkait dengan COVID-19. "Status kesehatan mereka baik, belum ada keluhan.," tambah Anung.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini