nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Empon-Empon, Obat Flu Burung yang Dikatakan Ampuh Tangkal Korona

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 12:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 03 481 2177306 mengenal-empon-empon-obat-flu-burung-yang-dikatakan-ampuh-tangkal-korona-jQbFr2057P.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

VIRUS korona COVID-19 memang belum memiliki obat penawar sampai saat ini. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan mengobati gejala penyakit yang muncul, seperti sesak napas dan flu.

Di Indonesia sendiri, sudah ada dua orang yang positif terkena virus Korona COVID-19. Dua orang tersebut kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

Indonesia sendiri, bukannya tidak pernah berhadapan dengan penyakit mematikan. Satu penyakit berbahaya yang sempat melanda Indonesia adalah virus H5N1 alias Flu burung.

Guru Besar Unair dan Ketua Tim Riset Corona & Formulasi Vaksin Professor Nidom Foundation, Prof C.A.Nidom, menjelaskan pihaknya sudah mempunyai formulasi curcumin atau empon-empon untuk menangkal virus flu burung.

Empon-empon, adalah gabungan dari kunyit, jahe, temulawak, kayu manis dan daun seri.

Empon-empon, adalah gabungan dari kunyit, jahe, temulawak, kayu manis dan daun seri. Dengan meminum empon-empon dipastikan tubuh akan kebal dari serangan sejumlah virus, termasuk flu burung.

"Kalau flu burung sudah ada hasilnya, nah sementara hasil itu saya bandingkan akibat korona virus," terang Nidom.

Menurutnya, kerusakan yang ditimbulkan virus korona, dengan kerusakan yang ditimbulkan flu burung hampir sama. "Jadi saya punya keyakinan formulasi empon-empon ini bisa digunakan untuk korona virus, kalau ada penderita pasien di sini," katanya.

Sebab, sambung Nidom, efek yang ditimbulkan hampir sama yaitu kerusakan pada paru-paru. Namun jika mencoba menguji secara langsung dengan virus korona masih belum dilakukan.

"Jadi ini analogi yang bisa dianggap kebenarannya sama. Jadi flu burung lebih berat dari korona virus. Jadi flu burung bisa, Insya Allah korona bisa," paparnya.

Nidom menambahkan, dengan adanya formulasi tersebut maka masyarakat tidak perlu terlalu khawatir dengan virus korona di Indonesia. Sebab masyarakat bisa menangkalnya dengan cara minum jahe, kunyit, temulawak dan kayu manis (empon-empon).

"Efek flu burung lebih berat. Masyarakat bisa minum kopi dicampur jahe, tidak harus diminum semua empon-empon itu. Kita tidak peduli dengan virus korona, yang terpenting tubuh kita bisa mengantisipasi," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini