Hari Pendengaran Nasional, Ini Penyebab Kuping Mudah Budek

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 481 2177434 hari-pendengaran-nasional-ini-penyebab-kuping-mudah-budek-2AGfkWyDz4.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP tanggal 3 Maret memang diperingati sebagai hari pendengaran nasional. Semakin bertambahnya usia, fungsi tubuh pun akan berkurang, begitu juga pada telinga. Makanya, jangan heran kalau lansia akan sulit mendengar.

Tapi, tahukah Anda bahwa orang dewasa muda pun sudah bisa mengalami penurunan fungsi pendengaran. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan headset yang tidak tepat.

Diterangkan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala dan Leher Konseling dr. Fikri Mirza Putrantro, Sp.THT-KL (K), penggunaan headset dengan volume maksimal akan menyebabkan ketuliaan permanen di kemudian hari.

penggunaan headset dengan volume maksimal akan menyebabkan ketuliaan permanen di kemudian hari.

"Volume yang tinggi dari headset akan membuat fungsi pendengaran akan turun. Sampai bisa tuli permanen butuh waktu yang panjang memang, tapi kelompok orang seperti ini punya risiko," terangnya saat ditemui Okezone di Kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Nah, kalau memang Anda merasa sering menggunakan headset dengan volume besar dan rutin setiap hari, dr Fikri menyarankan untuk melakukan tes pendengaran. Ia memiliki cara sederhana untuk menguji fungsi pendengaran ini.

"Paling sederhana adalah Anda berbicara dengan seseorang di tempat yang sangat ramai. Kalau Anda makin susah untuk mendengar orang lain biara, coba dicek. Itu tanda pertama," ungkapnya.

Bicara di tempat ramai dan Anda sudah mulai susah mendengar adalah tanda awal kehilangan fungsi. Ini juga merupakan proses awal ketulian.

"Jadi, kalau misalnya Anda ngobrol, tapi di tengah obrolan Anda nanya ke teman, barusan ngomong apa sih? itu adalah tanda kalau Anda mulai mengalami penurunan fungsi pendengaran," paparnya.

Dokter Fikri pun memberi saran lain jika Anda ingin cek pendengaran yaitu dengan melakukan tes medis di rumah sakit. "Ini dilakukan kalau memang Anda ingin mendapatkan diagnosa yang tepat," tambah dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini