2 Pasien Positif Korona Dirawat, Kakak dan Pembantunya Lolos Jerat COVID-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 481 2177521 2-pasien-positif-korona-dirawat-kakak-dan-pembantunya-lolos-jerat-covid-19-cdLK1iBhpW.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

DUA pasien positif virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) masih dirawat intensif di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara. Kondisi ibu dan anak ini bahkan kondisinya dilaporkan stabil.

Bukan hanya kedua korban pertama korona di Indonesia itu yang dipantau, orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif COVID-19 juga tentu dipantau. Termasuk sang kakak dan asisten rumah tangga, yang tinggal satu atap.

virus korona

Kementerian Kesehatan memang sudah mulai melakukan pemeriksaan, kepada orang-orang yang dikategorikan sebagai kontak dekat. Menurut pernyataan Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto, dua orang itu adalah kakak kandung dan pembantu rumah tangga.

"Dua orang lain yang ada di dalam rumah pasien positif COVID-19 itu adalah kakak kandung dan pembantu rumah tangga," kata Yuri pada awak media di Kantor Kemenkes, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Keduanya juga telah dilakukan uji spesimen di laboratorium. Yuri menjelaskan, hasil spesimen kedua orang ini pun sudah keluar dan hasilnya adalah negatif.

"Kakak dan pembantu dia negatif COVID-19 tanpa gejala," terangnya.

Fakta lainnya, kata Yuri, kakak dari pasien positif COVID-19 itu diketahui tidak sering berhubungan dengan anggota keluarganya. Karena masing-masing penghuni rumah begitu sibuk dengan urusannya.

Sementara itu, tracking contact dari dua pasien positif COVID-19 ini juga masih terus dilakukan. Kementerian Kesehatan mengeluarkan data bahwa sampai hari ini, telah memantau 55 orang lebih yang sebelumnya melakukan kontak dengan dua pasien ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini