Kemenkes Pantau Kesehatan Teman Dansa Pasien Positif Korona COVID-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 03 Maret 2020 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 03 481 2177542 kemenkes-pantau-kesehatan-teman-dansa-pasien-positif-korona-covid-19-ZfFylpDsHq.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

KEMENTERIAN Kesehatan kini terus berupaya melakukan tracking contact pada kasus positif Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pertama di Indonesia. Artinya, siapa saja yang melakukan kontak dengan dua pasien positif COVID-19 tersebut akan dipantau kesehatan tubuhnya.

Termasuk teman dansa atau orang yang berada di tempat yang sama, ketika kontak dengan Warga Negara Jepang, juga dua pasien positif COVID-19 juga dipertanyakan masyakarat. Seperti apa nasibnya?

covid

Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Achmad Yurianto menjelaskan, sampai hari ini, Selasa (3/3/2020), sudah ada 55 orang yang dipantau kesehatannya. Termasuk yang sudah dilakukan, uji spesimen kakak dan asisten rumah tangga yang tinggal satu atap

"Hasil pemeriksaan, beberapa dari mereka tidak menunjukan gejala COVID-19, seperti demam, batuk, atau sesak napas," terang Yuri pada awak media di Kantor Kemenkes, Jakarta, siang ini.

Dalam keterangan Yuri, orang dengan pengawasan (ODP) dalam kasus positif COVID-19 ini, termasuk di antaranya adalah teman-teman pasien yang ikut dansa, di salah satu lokasi tempat hiburan di Kemang, Jakarta Selatan. Bahkan, Yuri mengatakan, mereka yang ikut berdansa di satu lokasi hiburan dinyatakan sebagai ODP.

Namun, mereka semua ini tidak akan dilakukan pengecekan laboratorium. Hanya dipantau kesehatan tubuhnya.

Sampai sekarang, dua pasien positif COVID-19 itu dirawat di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, dikabarkan dalam kondisi stabil. Kesehatan mereka pun berangsur membaik sampai hari ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini