10 Tips Masak Spaghetti di Rumah agar Selezat Restoran

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 298 2178073 10-tips-masak-spaghetti-di-rumah-agar-selezat-restoran-LYdKLs3Gxc.jpg Spaghetti (Foto : Thedailymeal)

Hidangan spaghetti bukanlah sajian yang sulit untuk dimasak sendiri di rumah. Asal mengetahui triknya, spaghetti yang dimasak sendiri di rumah bisa selezat sajian spaghetti ala restoran Italia.

Caranya tinggal ikuti 10 trik memasak spaghetti agar lezat sempurna di bawah ini, sebagaimana dilansir Thedailymeal, Rabu (4/3/2020), berikut ulasannya.

1. Pilih spaghetti

Begitu banyak merek spaghetti yang tersedia di pasaran, dan tentu saja semuanya tidak sama secara kualitas, tekstur, hingga rasa. Trial dan error dalam memilih spaghetti itu perlu, cobalah berbagai brand hingga menemukan spaghetti yang cocok untuk Anda masak dan makan.

Spaghetti

2. Pakai panci besar

Memasak spaghetti itu butuh panci berukuran cukup besar loh! Sebab tiap helai spaghetti butuh ruangan yang cukup untuk bisa matang dengan sempurna.

3. Bumbui air dengan garam

Setelah panci berukuran cukup besar terisi air, segera bumbui air rebusan tersebut dengan garam secukupnya. Sampai rasa airnya asin namun tidak keasinan hingga bikin eneg. Tahap ini penting dilakukan agar spaghetti tidak terasa hambar.

4. Air mendidih

Step yang satu ini disebutkan sebagai step yang krusial, saat memasak spaghetti wajib memasukkan spaghetti saat air di dalam panci sudah betul-betul mendidih.

Masak Air

5. Tidak perlu dipatahkan

Ingin spaghetti yang bentuknya sempurna kan? Maka Anda tak perlu mematahkan batang spaghetti kering menjadi dua saat memasukkannya ke dalam panci.

6. Aduk

Saat direbus, spaghetti tidak boleh dibiarkan diam begitu saja. Sesekali aduk spaghetti dengan gerakan pelan dan lembut, step ini untuk menghindari spaghetti jadi lengket satu sama lain.

7. Jangan kematangan

Agar mendapatkan spaghetti yang aldente, aturan durasi waktu saat memasak spaghetti, adalah satu atau dua menit lebih awal sebelum durasi waktu (menit) yang tertera pada kemasan pasta. Jika terasa masih sedikir keras, matikan kompor dan biarkan spaghetti tetap berada di air rebusan selama beberapa saat.

8. Tidak perlu dibilas

Spaghetti

Saat meniriskan air rebusan spaghetti, disebutkan sebetulnya spaghetti tidak perlu dibilas karena pati atau starch yang menempel di spaghetti dibutuhkan untuk membuat saus pasta.

9. Simpan sedikit air rebusan

Saat meniriskan spaghetti, ambil gelas untuk menyisakan air rebusan tersebut. Air sisa rebusan ini dipakai untuk membuat saus pasta agar bisa terasa lebih enak dan kental mengikat spaghetti.

10. Tambahkan lemak

Spaghetti

Sesaat sebelum spaghetti siap disajikan, tambahkan lemak ke spaghetti. Matikan kompor, tambahkan satu atau dua sendok meja butter, olive oil dan parutan keju secukupnya. Lemak enak ini tak hanya membuat spaghetti enak, tapi juga saus pasta terasa lebih rich.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini