RSHS Bandung Siap Tangani Pasien Virus Korona COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 481 2177949 rshs-bandung-siap-tangani-pasien-virus-korona-covid-19-pfBWmMul0o.jpg RSHS Bandung (Foto : Dok.Okezone)

Pemerintah telah menyiapkan semua jajarannya untuk siap untuk menangangi virus korona (COVID-19) yang telah masuk ke Indonesia. Salah satu rumah sakit yang telah siap untuk mengangani infeksi COVID-19 adalah Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Utama Rumah Sakit Hasan Sadikin, dr. R Nina Susana Dewi. Dalam wawancaranya dengan iNews TV, Rabu (4/3/2020), dr. Nina menyatakan bahwa RSHS siap untuk menangani kasus COVID-19 di Indonesia.

“Kami telah menyiapkan administrasi, kebijakan Standar Operasional Perusahaan (SOP). Kami memiliki tim infeksi yang terdiri dari 60 anggota yang terdiri dari sub dan spesialis. Kami juga menyiapkan sarana-prasarana sesuai dengan kemampuan,” terang dr. Nina.

RSHS Bandung

Dokter Nina mengatakan dari periode Januari hingga Maret 2020, RSHS telah menerima pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak lima orang. Meski demikian, kelima pasien tersebut sehat dan hasilnya negatif terinfeksi virus COVID-19.

“Semua pasien yang diduga COVID-19 akan dibawa langsung ke instalasi gawat darurat (IGD). Warga suspect korona atau pasien tidak akan bersentuhan dengan pasien lain lagi. Aka nada jalur khusus dari ruang IGD menuju ruang isolasi,” lanjutnya.

Di lain sisi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau masyarakat agar tidak terlalu panik dalam mengantisipasi wabah COVID-19 yang masuk ke Indonesia, menyusul dengan ditemukannya dua warga Depok, Jawa Barat yang dinyatakan positif terinfeksi korona.

“Saya harap masyarakat beraktivitas seperti biasa dan berdoa supaya para sahabat kita bisa pulih. Saya juga harap masyarakat bisa memberikan dukungan kepada pasien agar bisa segera pulih,” ucap Jokowi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini