4 Pose Yoga yang Bikin Tidurmu Lebih Nyenyak

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 481 2178191 4-pose-yoga-yang-bikin-tidurmu-lebih-nyenyak-W1phkxWZVo.jpg Ilustrasi. (Womenshealtmag)

LATIHAN yoga banyak sekali manfaatnya. Salah satunya membuat tidurmu jadi lebih nyenyak.

Ketika kamu tidur nyenyak dan berkualitas, otomatis badan lebih bugar. Tidur yang berkualitas ini juga membuat tubuh jadi lebih siap untuk digunakan beraktivitas. Latihan yoga adalah satu caranya. 

Namun tak semua pose yoga dapat membuatmu tidur lebih nyenyak. Kalau ingin mendapatkan manfaat itu, coba deh empat pose yoga berikut ini yang membuat tidur lebih nyenyak. Berikut ulasan singkatnya, dilansir Okezone dari Womenshealthmag.

Duduk melipat

yoga

Duduk di lantai, lalu rapatkan tumit dan telapak kaki kanan dan kaki kiri. Di posisi ini kedua lutut jatuh terlipat di masing-masing sisi. Lalu tarik napas dalam-dalam, hembuskan napas saat melipat kaki, rentangkan tangan ke depan (jika merasa nyaman). Tahan selama dua hingga tiga menit. Pose head-down, seperti ini disebutkan bisa meredakan kecemasan.

Happy baby

yoga

Posisikan tubuh berbaring telungkup di lantai, lalu angkat kaki dan tekuk lutut ke arah ketiak. Kemudian raih ujung luar kaki dengan tangan, telapak kaki menghadap ke langit-langit. Posisikan punggung dengan santai ke lantai, baru tarik napas dalam-dalam, rasakan punggung hingga mengembang di lantai. Tahan selama satu hingga dua menit. Postur yoga seperti ini, diketahui dapat melepaskan ketegangan di bagian punggung bawah.

Supine bound

yoga

Stres di bagian pinggul? Cobalah posisi yang disebut supine bound, yang bisa membantu untuk meredakannya. Berbaring telentang di lantai, tekuk lutut, dan satukan telapak kaki sehingga lutut jatuh ke bagian samping, namun ingat bagian ujung luar kaki tetap di lantai ya!

Jika butuh sokongan, kita bisa meletakkan bantal di bawah paha kanan dan kiri. Istirahatkan lengan menghadap samping dan telapak tangan menghadap langit-langit. Tahan selama tiga hingga empat menit.

Supine twist

yoga

Posisikan tubuh berbaring, telungkup di lantai lalu angkat lutut ke arah dada. Turunkan kedua lutut pelan-pelan ke sisi kanan tubuh dan rentangkan lengan kiri ke sisi kiri, tahan posisi kedua bahu di lantai (tambahkan bantal di bawah bahu kiri jika perlu).

Tahan tubuh dalam posisi ini kurang lebih selama satu hingga dua menit. Ulangi gerakan yang sama untuk satu sisi yang lainnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini