Perlukah Korek Kotoran Telinga? Dokter THT: Bisa Keluar Sendiri

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 23:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 481 2178325 perlukah-korek-kotoran-telinga-dokter-tht-bisa-keluar-sendiri-hGaviL1Z4N.jpg Kotoran Telinga (Foto: Wisegeek)

Beberapa orang suka sekali mengorek telinga. Selain karena alasan menjaga kebersihan, sensasi geli membuat mereka ketagihan. Tapi, tahukah Anda kalau tindakan tersebut malah berbahaya.

Ya, dijelaskan Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok - Bedah Kepala dan Leher Konseling dr. Fikri Mirza Putrantro, Sp.THT-KL(K) dengan mengorek telinga, Anda malah meningkatkan risiko tertutupnya gendang telinga.

"Di dalam telinga itu ada yang namanya serumen. Nah, kalau Anda mengorek telinga, serumen itu akan masuk dan malah menutupi gendang telinga. Ini bahaya," terang dr Fikri pada awak media di Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran telinga?

Dokter Fikri menerangkan bahwa sejatinya tidak perlu adanya tindakan pembersihan telinga sampai ke area dalam. Jadi, cukup membersihkan daun telinga saja.

"Kalau ditanya mana yang lebih baik antara korek kuping dengan spatula besi, saya tidak menyarankan keduanya. Sebab, kotoran kuping bisa keluar sendiri," terang dr Fikri.

Ya, di usia produktif ini kemampuan telinga untuk mengeluarkan kotorannya sendiri masih sangat baik, makanya sebetulnya tidak perlu membersihkan telinga.

Kemampuan telinga untuk mengeluarkan kotorannya sendiri ini terjadi ketika kita bicara, tulang sendi rahang bergerak dan serumen yang berada di dekat area sendi rahang merespons dan kotoran pun akan keluar dengan sendirinya.

"Kotorannya ini berupa minyak karena kandungannya itu berupa kelenjar minyak dan kelenjar telinga," paparnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini