Ternyata, Cairan Penyegar Mulut Ampuh Keringkan Jerawat Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 21:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 611 2178259 ternyata-cairan-penyegar-mulut-ampuh-keringkan-jerawat-loh-SB40xcZImJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KESAL dengan jerawat yang ada di wajah? Bukan hanya mengganggu penampilan, jerawat juga menyebabkan nyeri di wajah loh, apalagi yang masih merah.

Kemerahan pada jerawat bukanlah luka. Itu adalah bentuk peradangan. Kemerahan pada jerawat diawali ketika sebum berlebih melewati dinding folikel.

Dalam pori-pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati, menyebabkan penyumbatan pori-pori. Hal ini memungkinkan bakteri jerawat berpopulasi dan radikal bebas merusak jaringan yang menyebabkan peradangan dan kemerahan.

dan erythromycin mungkin mengurangi kemerahan. Tapi, jerawat tidak akan langsung kering.

Meminum antibiotik seperti tetracycline, doxycycline, minocycline, dan erythromycin mungkin mengurangi kemerahan. Tapi, jerawat tidak akan langsung kering.

Nah, sebagaimana dikutip Timesofindia, salah satu cara untuk mengeringkan jerawat adalah dengan mengaplikasikan cairan penyegar mulut ke area wajah yang terdapat jerawat.

Dalam sebuah penelitian, kandungan alkohol yang ada pada cairan penyegar mulut dapat membantu mengeringkan jerawat sehingga proses penyembuhan jerawat bisa lebih cepat.

Oleh karena itu, jika infeksi tidak berkembang, kemerahan akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika warna merah ini tidak berubah setelah setahun, kemungkinan itu adalah luka bekas jerawat.

Selain cairan penyegar mulut, pasta gigi juga bisa menjadi salah satu obat mengatasi kemerahan pada jerawat. Hal ini bekerja karena pasta gigi mengandung silica, yang membantu mengeringkan jerawat.

Tapi, sebaiknya Anda tidak menggunakan pasta gigi yang mengandung mentol atau flouride. Bahan ini tidak hanya mengakibatkan iritasi pada kulit tetapi juga akan menyebabkan munculnya lebih banyak jerawat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini