Lika-Liku Perjalanan Karier Chef Gordon Ramsay

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 298 2178754 lika-liku-perjalanan-karier-chef-gordon-ramsay-gSjQZKESrR.jpg Chef Gordon Ramsay. (Foto: Instagram/@gordongram)

SIAPA tak kenal dengan juru masak selebriti ternama dunia yang dikenal killer, Chef Gordon Ramsay? Di industri kuliner dunia, Chef Gordon Ramsay sudah banyak makan asam garam.

Bukan itu saja, Chef Gordon Ramsay juga disebutkan sebagai chef terkaya nomor dua di dunia. Namun sebelum sukses, Chef Gordon Ramsay melewati perjalanan karier yang cukup berliku.

Setelah sukses, nama Chef Gordon Ramsay dikenal semua orang. Salah satu bentuk kesuksesannya misalnya membuka 35 restoran di berbagai penjuru dunia.

Jika ingin kenal lebih dekat dengan juru masak yang beken lewat acara televisi "Hell's Kitchen" ini, baca dulu yuk fakta menarik Chef Gordon Ramsay yang tak banyak diketahui orang, seperti dilansir Okezone dari Insider, Kamis (5/3/2020).

gordon

Hampir jadi atlet sepakbola

Bukan profesi sebagai juru masak yang diincar Chef Gordon Ramsay sejak dulu. Awalnya malah saat muda, ia memutuskan untuk menjadi atlet sepakbola profesional. Di usia 15 tahun, ia bergabung dengan klub sepakbola Glasgow Rangers dan bermain sebagai pesepakbola selama tiga tahun. Namun cedera lutut harus membuat mimpi Gordon Ramsay jadi pesepakbola profesional kandas.

Menjadi head chef di usia muda

Mengawali karir di industri kuliner, seorang Gordon Ramsay berada di bawah bimbingan para chef ternama dunia seperti Marco Pierre White, Joel Robuchon dan Guy Savoy. Tak heran baru di usia 27 tahun, Gordon Ramsay sudah sukses menjadi head chef.

Di tahun 1993, ia menjabat sebagai head chef Restoran Aubergine di London. Kemudian, hanya butuh waktu tiga tahun, Chef Gordon Ramsay meraih dua bintang Michelin rating. Di tahun 1995, ia juga berhasil menyabet penghargaan sebagai Newcomer of the Year di ajang penghargaan bergengsi Catey Awards.

Gelar ilmu manajemen hotel

Bukan sekolah masak, malah awalnya Chef Gordon Ramsay menempuh pendidikan formal mengambil bidang ilmu manajemen hotel. Gordon mengantungi titel di bidang manajemen hotel pada 1987.

Chef terkaya

gordon

Soal kekayaan, tak perlu diragukan lagi. Ayah dari lima orang anak ini bahkan pernah dinobatkan sebagai chef dengan pendapatan tertinggi di dunia. Bukan hanya dari puluhan restoran yang ia miliki, tapi kekayaan Chef Gordon Ramsay juga disumbang dari aksinya di banyak acara televisi. Sebut saja "Hell's Kitchen," "Kitchen Nightmares," "MasterChef," "Hotel Hell," hingga "Faking It".

Menurut laporan Forbes, acara televisi yang Chef Gordon Ramsay bintangi pendapatan iklan dalam setahun mencapai USD150 juta atau Rp2,13 Miliar! Pada 2019 lalu nilai kekayaan Gordon mencapai USD63 juta atau Rp896 Miliar!

Belajar di Perancis

Chef Gordon Ramsay yang asli Skotlandia, namun tumbuh besar di Inggris ini harus pindah ke Perancis, demi belajar memasak. Ia juga ingin dibimbing langsung oleh para chef terbaik di dunia.

Chef Gordon Ramsay pindah ke Prancis dalam keadaan tidak bisa berbahasa Perancis sama sekali loh! Terus belajar, hingga akhirnya ia lancar berbahasa Perancis dan dipromosikan bekerja di restoran salah satu mentornya, Guy Savoy.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini