5 Minyak Esensial untuk Cegah Gigitan Nyamuk DBD

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 481 2178533 5-minyak-esensial-untuk-cegah-gigitan-nyamuk-dbd-ShdlwHcrDg.jpg Minyak esensial lavender (Foto : Healthline)

Demam Berdarah Dengue menjadi salah satu penyakit yang perlu diwaspadai di tengah isu virus korona COVID-19. Data Kementerian Kesehatan RI dari Januari hingga Februari 2020 mencatat ada 13.864 kasus DBD.

Dari jumlah kasus DBD tersebut, terdapat korban meninggal dunia sebanyak 78 orang. Kasus kematian tertinggi ada di wilayah Jawa Barat dengan jumlah kasus sebanyak 1.420-an kasus dengan data kematian 15 orang.

Karenanya, penting mencegah DBD dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Selain itu, ada beberapa cara tambahan untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah, Salah satunya dengan mengoleskan 5 minyak aroma terapi berikut ini ke kulit :

Minyak lavender

Menggosokkan minyak dari bunga lavender di beberapa titik tubuh dapat mengusir nyamuk. Minyak aromatik ini mampu meminimalkan kemungkinan gigitan nyamuk.

Minyak Lavender

Minyak kayu manis

Mencampur beberapa tetes minyak kayu manis dengan pelembap dan mengaplikasikannya di atas kulit, dapat mencegah gigitan nyamuk, termasuk gigitan nyamuk demam berdarah dengue.

Minyak Lemon

Selain minyak lavender, lemon juga memiliki peran yang sama dalam menangkal gigitan nyamuk DBD. Anda bisa mengaplikasikan perasan lemon pada kulit, menghindari penularan demam berdarah.

Minyak Esensial Lemon

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih adalah salah satu obat nyamuk alami terbaik untuk menangkal demam berdarah. Anda bisa mengaplikasikannya di bagian tubuh terbuka seperti tangan, kaki, leher, dan tubuh Anda.

Minyak peppermint

Mencampurkan beberapa tes minyak peppermint dan beberapa tetes sari cuka apel adalah alternatif lain untuk menangkal gigitan nyamuk demam berdarah. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit Anda. Demikian dikutip dari laman Boldsky, Kamis (5/3/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini