Ini 4 Cara Menghilangkan Kecemasan Berlebihan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 07 Maret 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 481 2178695 ini-4-cara-menghilangkan-kecemasan-berlebihan-AZKgmvSwkg.jpg Cemas berlebihan (Foto: UC Berkeley)

Dalam hidup memang tak selalu mulus, terkadang rencana yang disusun dengan indah harus berantakan di tengah jalan. Terkadang hal ini memicu kecemasan berlebihan karena yang diusahakan tak sesuai harapan.

Kecemasan maupun depresi sama-sama sangat menguras energi. Rasa cemas membuatmu tak bisa tidur. Akibatnya tenaga terkuras dan sukar tidur nyenyak.

 cemas

Tak mudah untuk menghilangkan rasa cemas, apalagi depresi. Tapi kamu harus berusaha mengatasinya agar perasaan negatif tersebut tidak semakin menjadi-jadi sehingga mengganggu aktivitas atau bahkan kesehatanmu. Berikut ini 4 cara menghilangkan kecemasan berlebihan.

 1. Melakukan kegiatan yang kamu sukai

Cara terbaik menghilangkan cemas adalah dengan melakukan apa saja kegiatan yang kamu sukai. Jalan-jalan ke pantai, ngopi di kafe, menonton film.

Melakukan kegiatan yang disukai akan membuat hatimu merasa lebih senang. Ini bisa menekan rasa cemas.

3. Berusaha berpikir positif

Berusaha selalu berpikir positif agar rasa cemas bisa dihilangkan. Hilangkan pikiran negatif tentang dirimu sendiri. Anggaplah kegagalan masa lalu sebagai jalan untuk meraih masa depan yang lebih indah. Yakinlah Allah SWT pasti memberikan masa depan yang lebih baik bagimu meskipun kamu tak tahu masa depanmu akan seperti apa. Bayangkan keindahannya lebih dulu sambil berdoa kepada Tuhan.

4. Jangan takut kehilangan

Seorang dokter pernah memberikan nasihat, jangan pernah merasa takut kehilangan baik takut kehilangan pasangan, takut ditinggalkan anak-anak, maupun takut kehilangan pekerjaan yang kamu sukai. Sebab rasa takut kehilangan merupakan salah satu sumber kecemasan. Jalani hidup dengan baik, tak perlu merasa takut kehilangan. Jalani saja takdir Allah dengan ikhlas dan selalu berpikir positif.

5. Olahraga dengan rutin

 

Tak perlu melakukan olahraga yang berat. Cukup melakukan olahraga ringan tapi menyenangkan. Berolahraga ternyata dapat meningkatkan produksi endorfin yang memiliki efek mengurangi rasa sakit dan memicu perasaan senang, tenang, atau bahagia. Misalnya jalan kaki ke tempat yang tak jauh dari rumahmu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini