nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pesan Presiden Jokowi Hadapi Wabah Korona COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 23:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 05 481 2178897 4-pesan-presiden-jokowi-hadapi-wabah-korona-covid-19-aMGBQVnZFd.jpg Presiden Jokowi. (Foto: MNC Media)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) berbagi pesan untuk mencegah penyebaran virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Ada banyak cara yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Presiden Jokowi juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik berlebihan, dalam menghadapi virus korona/COVID-19. Berikut adalah seruan tips menghadapi COVID-19 yang disarankan oleh Presiden Jokowi, dirangkum Okezone dari keterangan yang dibagikan Sekretariat Presiden, Kamis (5/3/2020).

korona

Rajin mencuci tangan pakai sabun

Ketika rajin mencuci tangan pakai sabun, dapat meminimalisir penularan virus korona. "Pertama, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun," kata Presiden Jokowi.

Menghindari menyentuh wajah

Metode pencegahan lain yang dapat dilakukan adalah menghindari menyentuh mata, hidung, dan mulut. Sebabnya, tanpa disadari telapak tangan kita kerap menyentuh berbagai macam benda, yang mungkin rentan terpapar virus.

Jaga jarak dengan siapapum saat batuk atau bersin

Anda juga perlu menjaga jarak dengan siapapun yang batuk atau bersin, karena virus korona/COVID-19, dapat menyebar melalui tetesan cairan yang keluar saat batuk atau bersin.

Pakailah masker

Berikutnya, berikan masker pada yang sakit agar tidak menular pada yang lain. Ingat ya, masker hanya dipakai saat Anda sakit atau dalam kondisi tubuh sedang lemah.

Jangan sebar hoax

Presiden Jokowi menegaskan, musuh terbesar saat menghadapi virus korona/COVID-19 adalah beredarnya kabar hoax. Kita sebenarnya harus yakin dengan fakta, informasi, solidaritas bersama dan gotong royong

"Sebetulnya musuh terbesar kita saat ini adalah bukan virus itu sendiri, tapi rasa cemas, rasa panik, rasa ketakutan, dan berita-berita hoax serta rumor," tandasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini