Mungkinkah Warna Mata Orang Indonesia Biru atau Hijau?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 611 2178468 mungkinkah-warna-mata-orang-indonesia-biru-atau-hijau-70XOppvd6R.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNAHKAH kamu bertanya-tanya, kenapa warna mata orang-orang di dataran Eropa dan Amerika bisa bervariasi, tidak hanya hitam atau cokelat gelap. Pasalnya, warna mata mereka ada yang biru, abu-abu bahkan hijau.

Tidak seperti warna mata orang Indonesia kebanyakan, yang dominan hitam atau cokelat gelap. Lantas, kenapa mata orang Indonesia tidak bisa memiliki biru atau hijau?

Ternyata, warna pada mata bersifat struktural dan berhubungan dengan fisika yang cukup menarik. Hal ini karena mata mengandung sel berpigmen. Demikian dilansir dari Science Alert.

sel dan mengandung pigmen cokelat-hitam, yaitu bintik gelap yang ada pada mata beberapa orang.

Bagian berwarna pada mata Anda disebut iris, dan terdiri dari dua lapisan, yaitu epitel di bagian belakang dan stroma di bagian depan. Epitel hanya setebal dua sel dan mengandung pigmen cokelat-hitam, yaitu bintik gelap yang ada pada mata beberapa orang.

Sebaliknya, stroma terdiri dari serat kolagen yang tidak berwarna. Terkadang, terdapat stroma yang mengandung pigmen gelap (melanin), dan kadangkala memiliki lapisan kolagen yang berlebih. Itulah dua faktor yang mempengaruhi warna mata Anda.

Nah, ternyata manusia yang memiliki mata cokelat mengandung konsentrasi melanin yang tinggi dalam stroma mereka, sehingga dapat menyerap sebagian besar cahaya masuk ke mata, sedangkan lapisan kolagen memberikan warna yang gelap.

Di Indonesia sendiri yang memiliki iklim tropis dengan suhu hangat dan disinari oleh sinar matahari sepanjang tahun. Tidak heran, jika kemudian mata kita menyesuaikan dengan sinar matahari yang tinggi tersebut.

Sedangkan, mata hijau tidak memiliki banyak melanin di dalamnya, dan juga tidak mengandung lapisan kolagen. Hal itu berarti, sebagian cahaya yang masuk ke dalamnya terserap oleh pigmen.

Partikel di stroma, juga menyebarkan cahaya sebagai hasil dari sesuatu yang disebut ‘efek Tyndall’, yang menciptakan rona biru. Dengan melanin cokelat, maka hasilnya akan menampakkan warna hijau.

Mata biru sangat menarik karena seluruh warnanya adalah struktural. Manusia dengan mata biru memiliki stroma yang sama sekali tidak berwarna, tanpa pigmen, dan juga tidak mengandung kolagen berlebih.



1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini