Peneliti Sebut saat Tersenyum, Kamu Terlihat 2 Tahun Lebih Tua Loh!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 22:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 05 611 2178858 peneliti-sebut-saat-tersenyum-kamu-terlihat-2-tahun-lebih-tua-loh-IgVFofj81f.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KABARNYA, salah satu cara agar kita terlihat awet muda adalah dengan terus bahagia. Oleh karena itu, kita pun diminta tersenyum agar terlihat awet muda.

Tapi, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychonomic Bulletin & Review, tersenyum sebenarnya malah membuat seseorang terlihat dua tahun lebih tua loh.

Padahal, banyak orang mengira ketika seseorang senyum, dia mengeluarkan aura bahagia. Tapi memang tidak semua tentang senyum itu postif.

netral dan terkejut. Responden kemudian diminta untuk menebak umur setiap wajah yang ditunjukkan.

Para peneliti pun menguji dengan memberi tiga gambar ekspresi wajah kepada para responden, yakni tersenyum, netral dan terkejut. Responden kemudian diminta untuk menebak umur setiap wajah yang ditunjukkan.

Hasilnya, orang yang tersenyum pada gambar, cenderung dianggap lebih tua dari usia sebenarnya. Sedangkan, orang dengan ekspresi terkejut terlihat lebih muda.

Peneliti mengatakan, orang yang tersenyum akan terlihat garis-garis di wajahnya. Semakin lebar senyuman, maka garis tersebut akan makin banyak. Hal ini lah yang membuat orang tersenyum malah dianggap lebih tua.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini