nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mata Bintitan, Benarkah karena Suka Ngintip?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 05 Maret 2020 20:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 05 612 2178849 mata-bintitan-benarkah-karena-suka-ngintip-SzaPrdMlZn.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERNAH mengalami mata bintitan? Hayo jangan-jangan kamu ngintip orang mandi ya! Ya ucapan itu mungkin sering kita dengar di masa lalu.

Tapi, benarkah bintitan itu karena kita mengintip seseorang? Jawabannya adalah tidak. Bintitan adalah salah satu perubahan pada organ tubuh kita yang cukup sering terjadi.

Bintitan sebenarnya adalah penyumbatan yang terjadi pada salah satu kelenjar air mata, yang akhirnya infeksi, dan ada bakteri terperangkap di dalamnya menyebabkan peradangan.

Maka, muncul lah sebuah tonjolan yang membuat kondisi mata berubah tidak seperti biasa, malah pada beberapa kasus bintitan bisa membuat mata bengkak.

Meskipun, dalam beberapa kasus bintitan akan sembuh sendiri tanpa perlu diobati.

Nah, melansir healthline, untuk mengobati penyakit yang masih bisa dibilang ringan ini, tidak terlalu sulit. Meskipun, dalam beberapa kasus bintitan akan sembuh sendiri tanpa perlu diobati.

Tapi, Anda bisa mengompresnya dengan handuk yang tidak terlalu tebal, dan air hangat. Celupkan handuk ke dalam air hangat, lalu tekan pelan-pelan sampai terasa hangatnya. Ulang beberapa kali hingga terasa nyaman, dan bengkaknya mengempis.

Selain mengompres dengan menggunakan handuk, dan air hangat, orang yang terkena bintitan juga bisa mencoba mengobatinya dengan cara lain, seperti memanfaatkan kantong teh. Anda bisa menggunakan kantong teh sebagai obat bintitan.

Untuk memanfaatkan khasiat teh sebagai obat bintitan, pertama Anda harus menyeduh teh itu terlebih dahulu dalam cangkir. Tunggu sekira satu menit, atau ketika teh mulai larut. Kemudian,angkat kantung teh dari cangkir, diamkan beberapa saat hingga tidak terlalu panas.

Selanjutnya, tempelkan kantung teh hangat pada mata selama lima hingga 10 menit. Ulangi beberapa kali hingga terasa nyaman, dan bengkak pada mata mengempis. Jika Anda mengalami kedua mata bintitan, pakailah kantung mata yang berbeda, agar tetap higienis, dan peradangan tidak semakin memburuk.

Namun, jika bintitan semakin memburuk dan terasa keras, tandanya peradangan yang terjadi mulai parah. Maka, Anda tersebut mengonsultasikan diri ke dokter, agar dilakukan tindakan selanjutnya untuk penyembuhan.

Bagi seseorang yang sering mengalami bintitan, sebaiknya sering-sering mencuci tangan. Dengan menjaga kebersihan tangan, secara otomatis orang tersebut telah mencegah infeksi yang akan terjadi pada mata.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini