3 Bahan Alami untuk Obati Batuk Kering

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 08:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 481 2179294 3-bahan-alami-untuk-obati-batuk-kering-IlvHnPM58B.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Batuk kering yang berkelanjutan dapat memiliki dampak besar pada tubuh Anda. Biasanya tenggorokan gatal, cepat haus atau di malam hari akan sulit tidur nyenyak.

Untuk penyebabnya pun beragam, seperti karena infeksi virus, penyakit GERD, hingga asma. Bahkan lewat studi yang diterbitkan di Lung India tahun 2015 menyebutkan, batuk kering bisa menjadi tanda peringatan beberapa penyakit pernapasan dan non-pernapasan.

Agar tidak berdampak serius, Anda harus mengobati dengan cara yang tepat. Beberapa jenis obat batuk dibuat untuk menyembuhkan penyakitnya. Tapi, sebelum membeli obat kimia, Anda bisa mencoba ramuan bahan alami.

Berikut bahan alami untuk mengobati batuk kering yang dilansir Thehealthsite :

Madu

Ini adalah obat alami yang sangat efektif untuk mengatasi batuk kering. Pada tahun 2007, sebuah penelitian diterbitkan di Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine, sejumlah orangtua dikumpulkan menjadi responden, untuk menilai lebih efektif mana obat rumahan atau obat batuk yang dijual bebas di pasaran.

Madu

Ternyata, banyak keluhan gangguan pernapasan dan kesulitan tidur saat minum obat batuk biasa. Sebagai penggantinya, mereka memilih madu untuk mengatasi batuk tersebut.

Madu diketahui dapat membantu kelenjar ludah untuk menghasilkan lebih banyak air liur, sehingga memperlancar jalur napas. Di samping itu, madu juga mengandung tinggi antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara menggunakan: Tambahkan satu sendok makan madu ke dalam secangkir air panas atau teh herbal. Minum dua kali sehari hingga batuk mulai mereda.

Cuka sari apel

Cuka Apel

Batuk kering akan terasa menjengkelkan jika tak segera diobati. Terlebih karena sebabnya karena perut Anda mulas atau asam lambung naik. Nah, dengan mengonsumsi cuka sari apel bisa membantu meredakan batuk kering dengan efektif.

Cara menggunakan: Campurkan dua sendok makan cuka sari apel dan satu sendok makan madu ke dalam secangkir air hangat. Minumlah ramuan ini sebanyak dua kali sehari.

Air garam

Air Garam

Berkumur dengan air garam adalah obat lain yang populer untuk mengatasi batuk kering. Air tersebut dapat meredakan ketidaknyamanan, terutama di bagian tenggorokan.

Cara menggunakan: Tambahkan 1/2 sendok teh garam ke dalam satu cangkir air hangat. Aduk rata. Lalu, berkumurlah dengan larutan ini setidaknya dia atau tiga kali sehari selama beberapa hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini