Waspada Korona COVID-19, Objek Wisata di Jakarta Wajib Punya Thermal Gun

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 481 2179395 waspada-korona-covid-19-objek-wisata-di-jakarta-wajib-punya-thermal-gun-mUDZdlw0gE.jpg Pengunjung dicek suhu tubuh dengan thermal gun. (Foto: Dok Ancol)

DAMPAK dari penyebaran virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, turut dirasakan oleh para pelaku industri pariwisata di Tanah Air. Tak terkecuali ibu kota Jakarta.

Sejak merebaknya wabah virus korona, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada pelaku industri pariwisata lokal. Salah satu isinya tentang SOP pengukuran suhu tubuh.

dok ancol

"Jadi setiap objek wisata di Jakarta harus memiliki thermal gun untuk mendeteksi suhu tubuh wisatawan maupun pegawai," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, saat ditemui Okezone di Jakarta Convention Center, Jumat (6/3/2020).

Lebih lanjut Cucu menjelaskan, penggunaan thermal gun ini sudah mulai dilakukan di hampir seluruh objek wisata di Jakarta. Mulai dari museum, wahana bermain, dan tempat-tempat yang ramai dikunjungi wisatawan.

Selain itu, Kadisparekraf DKI Jakarta juga menyediakan ruang isolasi khusus bila pengunjung terdeteksi memiliki suhu tubuh tinggi, atau mengalami gejala-gejala yang ditunjukkan para pasien virus korona/COVID-19.

"Alhamdulillah, imbauan ini disambut baik oleh mereka. Sebelum virus korona kan kita sudah sempat mengalami kondisi yang hampir mirip. Contohnya waktu terjadi aksi terorisme. Banyak objek wisata yang langsung memasak metal detector. Semuanya untuk keamanan kita semua," tegas Cucu.

Di samping itu, Cucu mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan sosialisasi dan cara pencegahan virus korona/COVID-19, kepada para pengunjung maupun pegawai melalui penyuluhan dan media cetak.

"Kami juga melakukan proses desinfeksi serta menyediakan sabun cuci tangan serta cairan pembersih di ruang yang dapat diakses tamu," tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini