Pria Lebih Mudah Jerawatan, Simak Tindakan Pencegahannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 22:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 611 2179438 pria-lebih-mudah-jerawatan-simak-tindakan-pencegahannya-5yaGnL8JAu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASALAH jerawat memang kerap mengganggu para perempuan. Ya, perempuan memang kerap mengalami jerawatan, terlebih ketika tidak bersih kala membersihkan bekas makeup.

Tapi jangan salah, ternyata pria juga rentan terhadap masalah jerawat loh. Bahkan, menurut penelitian pria justru lebih banyak mengalami masalah jerawat dibandingkan wanita.

Dokter Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, Ph.D, FINSDV, FAADV, menjelaskan jerawat memang mudah muncul pada orang-orang yang memiliki tipe kulit wajah berminyak. Kelenjar minyak sendiri pengeluarannya dirangsang oleh hormon seks atau hormon androgen pada pria.

"Karena itu, produksi minyak pada kulit semakin banyak. Ini yang membuat pria justru lebih rentan mengalami masalah jerawat dibandingkan wanita," katanya.

Seperti pembersihan wajah yang dilakukan minimal dua kali sehari saat pagi dan sore hari.

Nah, agar terhindar dari masalah membandel ini. Maka setiap pria dianjurkan untuk melakukan beberapa perawatan kulit mendasar. Seperti pembersihan wajah yang dilakukan minimal dua kali sehari saat pagi dan sore hari.

Tapi, bagi mereka yang memiliki aktivitas di luar ruangan cukup padat, penting untuk menambah kembali frekuensi membersihkan wajah. "Saat mandi perlu disertai pembersihan wajah," tambahnya.

Selain membersihkan wajah, para pria juga perlu menggunakan pelembap wajah dan melindungi kulit wajah dengan penggunaan sunscreen. Jadi, tidak perlu malu untuk menggunakan sunscreen, daripada kamu berjerawat!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini