Kesalahan Pakai Sunscreen yang Sering Dilakukan Orang, Kamu Juga?

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 21:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 611 2179475 kesalahan-pakai-sunscreen-yang-sering-dilakukan-orang-kamu-juga-XLSBNLhoi7.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

CUACA ekstrem Jakarta memang cukup merepotkan, jika tidak hujan deraas maka matahari yang bersinar akan sangat panas. Tentu saja jika matahari bersinar terik kulit kita juga perlu dilindungi dong.

Nah, salah satu pelindung dari sinar matahari adalah sunscreen atau tabir surya. Krim ini memang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Tabir surya juga kerap digunakan guna menjaga agar kulit tidak cepat menghitam.

Lazimnya, sebagian besar orang mengaplikasikan tabir surya pada wajah dan tubuh, seperti leher, lengan, dada, hingga perut.

Namun, tahukah kamu terdapat bagian pada wajah yang kerap luput dari perhatian untuk diterapkan tabir surya? Mengutip Purewow, dua bagian wajah yang perlu diaplikasikan tabir surya adalah alis dan garis rambut (hairline).

Memang kedengarannya aneh mengaplikasikan tabir surya pada area garis rambut dan di bagian atas alis. Kendati demikian, sangat penting untuk mengaplikasikannya pada kedua bagian tersebut lantaran lebih mudah terpapar langsung dengan sinar matahari

 kedua bagian tersebut lantaran lebih mudah terpapar langsung dengan sinar matahari

Jadi, saat mengoleskan tabir surya pada wajah, pastikan kedua bagian wajah tersebut tidak dilupakan, ya. Dan, selain bagian wajah, bagian tubuh lainnya yang juga perlu diolesi tabir surya adalah punggung belakang dan kulit kepala.

Tapi, yang perlu diingat adalah berbeda dengan sunblock yang bekerja langsung begitu selesai dioleskan, sunscreen butuh waktu sekitar 20 menit untuk dapat benar-benar terserap ke dalam kulit sebelum bekerja melindungi kulit. Sunscreen juga harus sering-sering dioleskan kembali.

Dalam sehari, meski kamu sudah memakainya dari rumah, tapi kamu perlu mengoleskannya kembali. Sunscreen akan luntur atau hilang saat kamu berkeringat dan jika terkena air. Karena itu, sebaiknya oleskan kembali sunscreen setiap dua jam sekali.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini