Heboh Gas Mask Tangkal Virus Korona COVID-19, Kenali Fungsi Sebenarnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 08 481 2179921 heboh-gas-mask-tangkal-virus-korona-covid-19-kenali-fungsi-sebenarnya-3DmrZAHKFL.jpg Gas mask (Foto : Businessinsider)

Beberapa waktu masyarakat dihebohkan dengan penggunaan gas mask untuk menangkal penyebaran virus korona COVID-19. Fenomena ini bahkan menjadi viral hingga ke media sosial, padahal belum lama ini World Health Organization (WHO) dengan tegas mengatakan bahwa masker hanya digunakan untuk orang sakit.

Di tengah isu COVID-19, masih banyak orang awam yang keliru fungsi utama masker. Terlebih pada jenis-jenis masker yang bentuknya lebih ekstrim seperti yang digunakan dalam laboratorium biologi. Merangkum dari Find Me 10, Sabtu (7/3/2020), Okezone akan membahasnya. Yuk disimak.

1. Quick Latch Half Facepiece

Masker ini menggunakan desain setengah topeng dengan filter yang menempel menggunakan fitting bayonet. Ini adalah masker N100 yang mampu memfilter 100 persen partikel 0,3 mikron secara sempurna. Walau harganya mahal namun masker jenis ini nyaman untuk digunakan karena mendukung fitur cool flow valve untuk memudah penggunanya bernafas.

Gas Mask

2. Full Face Respirator Kit N100

Sesuai dengan namanya masker ini mampu melindungi seluruh wajah Anda kecuali telinga dari paparan virus kuman dan bakteri. Ini adalah masker N100 yang mampu membantu melindungi terhadap banyak kontaminan partikulat non-minyak dan bau tingkat gangguan dari uap organik seperti jamur, debu, timah hitam, asbes, kadmium, arsenik, dan MDA.

Cool Flow Valve membantu memberikan kenyamanan sejuk dan kering; dan adaptor pusat yang unik mengarahkan napas dan kelembaban yang dihembuskan ke bawah. Masker ini juga menyediakan bidang pandang yang luas untuk visibilitas yang sangat baik. Koreksi optik terintegrasi membatasi distorsi saat Anda melihat dari kiri ke kanan.

3. Elips N100 Face Mask

Berbeda dengan masker sebelumnya, konstruksi masker ini terbuat dari bahan sintetis yang memiliki bentuk yang sama sesuai dengan wajah sehingga tidak menimbulkan celah sedikitpun. Masker dirancang agar sesuai dengan kontur wajah Anda untuk memberi pengguna bidang penglihatan yang tidak terhalang. Resistensi pernafasan rendah untuk mengurangi risiko kelelahan pengguna dan menambah kenyamanan tambahan.

Gas Mask

4. Full Facepiece Respirator

Selain mampu memfiltrasi masker ini juga bisa digunakan utnuk menangani kebakaran atau kebocoran gas karena fitur kemanan mereka yang tinggi. Ini adalah masker N95 dengan elemen filter karbon yang dapat diganti yang dirancang untuk menjaga keamanan Anda dari virus tetapi juga partikel udara seperti asap.

5. Paint Spray Respirator

Masker ini terdiri dari filter ganda yang melindungi setengah wajah dengan filtrasi N95. Dalam beberapa produk tersedia juga kemampuan filtrasi N100 yang lebih efektif. Sesuai dengan namanya masker ini digunakan untuk melindungi saluran pernapasan dari partikel aerosol pada saat mengecat atau melakukan aktivitas lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini