nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Thalita Latief Idap Tumor Tiroid, Kenali Gejala Penyakitnya

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 11:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 08 481 2179961 thalita-latief-idap-tumor-tiroid-kenali-gejala-penyakitnya-nIa5tqp6gr.jpg Thalita Latief (Foto : @thalitalatief/Instagram)

Baru-baru ini artis Thalita Latief divonis mengidap tumor tiroid. Hal itu dia ungkap melalui unggahan di akun Instagramnya, @thalitalatief.

"Aku sakit teman-teman. Dari awal Januari kemarin, aku divonis memiliki tumor di tiroid dan sudah grade 4. Sampai sekarang pun, aku masih syok," katanya seperti dikutip dari unggahannya di Instagram, pada Jumat 6 Maret 2020.

Tumor tiroid salah satu penyakit yang jarang terjadi. Biasanya tumor tiroid jarang disadari karena penderitanya tidak merasakan gejala pada tahap awal.

Namun, ketika ukuran kelenjar tiroid sudah membesar, biasanya penderita akan mulai merasakan gejala. Berikut gejala tumor tiroid yang dikutip dari Prevention, Minggu (8/3/2020) :

Benjolan di leher

Kelenjar tiroid terletak di depan leher Anda, tetapi jika terserang sel kanker, benjolan bisa muncul di sekitar leher. Benjolan tersebut biasanya lama hilang, bahkan sudah menyebar ke bagian lain. Anda harus mewaspadainya dan segera konsultasi ke dokter.

Sulit menelan

Panas Dalam

Karena benjolan di leher akibat sel kanker semakin membesar dan melebar, efeknya bisa mengganggu kemampuan Anda untuk menelan. Dalam beberapa minggu bahkan kejadian ini tidak hilang. Namun sayang, biasanya Anda hanya tahu kalau ini salah satu tanda dari radang tenggorokan. Padahal bukan, gejala seperti itu yang lama tak hilang, bisa jadi salah satu gejala kanker tiroid yang tak boleh diabaikan.

Perubahan suara

Pita suara Anda letaknya tepat di atas kelenjar tiriod, maka tak heran jika terjadi pertumbuhan sel kanker Anda mudah mengalami perubahan pita suara. Hal ini bisa membuat suara Anda mendadak serak, tapi sayang banyak orang yang mengira itu cuma gejala sakit tenggorokan.

Sulit bicara, makan, atau bernapas

Sesak Napas

Gejala-gejala ini mungkin tidak akan terjadi kecuali pertumbuhan sel kanker sudah sangat lanjut. Keluhan sulit makan, tidak bisa bicara, bahkan pasiennya bisa mengalami gangguan pernapasan pula. Untuk mewaspadai, segeralah cek ke dokter untuk memastikan jenis penyakitnya. Jangan cuma mengira itu jadi gejala penyakit biasa yang malah mengancam nyawa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini