Masih Muda Sering Lupa, Waspada Alzheimer Ketahui Cara Cegahnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 08 Maret 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 08 481 2179966 masih-muda-sering-lupa-waspada-alzheimer-ketahui-cara-cegahnya-ndawq0zzQQ.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Sering lupa di usia muda, bisa jadi Anda mengalami alzheimer. Sebagaimana diketahui alzheimer adalah salah satu jenis demensia yang ditandai dengan penurunan daya ingat atau kemampuan berpikir dan berbicara.

Jika dibiarkan alzheimer dapat mengubah perilaku manusia. Sayangnya penyakit ini sering dianggap hanya menimpa orang tua paruh baya. Namun berdasarkan riset yang dikeluarkan Alzheimer Society pada 2014 terdapat 42 ribu penduduk muda di Inggris yang mengalami gejala demensia.

Dokter Neurologi, dr. Yuda Turana, Sp.S mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat agar dapat meminimalisir risiko alzheimer. Pasalnya jika dibiarkan, penyakit ini bisa berdampak pada risiko demensia.

Olahraga

“Rajin berolahraga, menenuhi nutrisi tubuh dan menerapkan kebiasaan hidup sehat dapat mencegah seseorang mengalami alzheimer,” terang dr. Yuda, dalam acara “Stop Galau, Dampaknya Dapat Terasa di Hari Tua” Jumat 6 Maret 2020.

Lebih lanjut dr. Yuda mengatakan beberapa faktor bisa nenjadi pemicu utama alzheimer. Beberapa di antaranya disebabkan oleh penyakit kronis yang sudah dimiliki oleh para penderitanya. Selain itu kurangnya sosialisasi dan komunikasi turut menjadi faktor risiko lainnya.

“Berbagai fakta penelitian menunjukkan faktor hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, merokok, kurang tidur, stres dan kesendirian dapat membuat otak mengerut lebih cepat,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini